Makassar (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin membagikan ratusan paket bahan pokok sebagai rangkaian Program Bina Desa Tematik COVID-19

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof Dr drg A Arsunan MKes di Makassar, Selasa, mengapresiasi kegiatan yang menunjukkan kepedulian terhadap kondisi sosial kemasyarakatan.

"Ini gerakan kita bersama untuk menguatkan Unhas sebagai Humaniversity, kampus berbasis kemanusiaan," katanya.

Dengan keterlibatan aktif seluruh fakultas di Unhas, diharapkan Peran Unhas sebagai kampus Humaniversity semaksimal maksimal.

"Kegiatan kemanusiaan ini kedepan kita harapkan terus berlanjut, sehingga keterlibatan Unhas di tengah masyarakat semakin terasa," jelas Prof Arsunan.

Program Bina Desa merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh bidang kemahasiswaan. Berhubung pademi COVID-19, program Bina Desa tahun ini difokuskan pada upaya merespon dampak yang ditimbulkan pandemi.

Dekan Fisip Unhas Prof. Dr. Armin Arsyad., menjelaskan bahwa kegiatan Fisip Peduli COVID-19 merupakan bentuk dari solidaritas dan kepedulian bersama untuk berperan aktif membantu masyarakat terdampak wabah.

"Kami memilih bulan suci ramadhan, sebab disamping kebutuhan bahan pokok meningkat, juga dari sisi pahala lebih tinggi. Sehingga, mengapa kami baru melakukannya sekarang, sementara fakultas lain terlebih dahulu telah melakukannya," jelas Prof Armin.

Ketua Tim Satgas COVID-19 Fisip Unhas Dr Hasrullah melaporkan kegiatan penyaluran telah dipersiapkan sejak tanggal 24 April melalui rapat panitia.

Tim Satgas COVID-19 FISIP Unhas kemudian membuka penggalangan dana. Saat ini telah berhasil terkumpul sebanyak Rp77,5 juta yang berasal dari sivitas akademika, alumni, dan mitra.

“Kami sangat apresiasi bagi para alumni dan donatur lain yang ikut terlibat bersama mengumpulkan dana untuk memenuhi kebutuhan pokok mahasiswa kita sekaligus masyarakat yang membutuhkan," jelas Hasrullah.

Dalam program ini, Tim Satgas COVID-19 FISIP Unhas menyalurkan 450 paket bahan pokok. Paket bahan pokok tersebut kemudian di saluran secara bertahap, untuk tahap pertama, paket bantuan disalurkan pada mahasiswa Fisip Unhas, kemudian akan menyusul penyaluran bahan pokok kepada sejumlah panti asuhan dan petugas keamanan kampus.

“Kami berusaha memaksimalkan penyaluran paket bantuan kepada pihak yang benar-benar membutuhkan. Selain bahan pokok, kita akan menyalurkan 30 APD ke Satgas COVID-19 Unhas untuk selanjutnya disalurkan kepada para medis,” tutup Hasrullah.***3***

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024