Jayapura (ANTARA) - Kapolres Mamberamo Raya AKBP Alexander Louw bersama pejabat setempat dan Tim Gugus Tugas Kabupaten Mamberamo Raya memantau langsung pendistribusian sembako yang dikirim ke tiga distrik di wilayah barat.

"Pendistribusian sembako ini dilakukan untuk tiga distrik yaitu Distrik Sawai, Distrik Benuki dan Distrik Waropen Atas, Kabupaten Mamberamo Raya," kata AKBP Alexander Louw dalam keterangan pers yang diterima di Kota Jayapura, Selasa.

Menurut dia, pendistribusian tersebut menggunakan Kapal Kayu KLM Sumber Nursari yang mengangkut sembako dan dikawal personel Polri dan TNI.

"Hadir juga dalam penyaluran ini Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mamberamo Raya James A Wanda, Kepala Dinas Pariwisata Jackson Wona, Pabung 1712/Sarmi Kapten Inf Ahmad dan pejabat terkait," katanya.

Di Distrik Sawai, kata dia, bersama Kadis perhubungan, Kadis pariwisata dan Pabung 1712/Sarmi mengumpulkan masyarakat guna penyaluran sembako dan imbauan pencegahan COVID-19.

"Sekretaris Distrik Sawai Yesaya Mauri dan Kepala Kampung Poiwai Amanus Iwanggin bersama sekitar 100 masyarakat hadir dalam kegiatan ini," katanya.

Pada momentum itu, Kapolres mengapresiasi sikap masyarakat Distrik Sawai karena hingga kini situasi kamtibmas masih aman dan kondusif.

"Terkait virus corona yang sampai saat ini belum ada vaksin maupun obat yang menyembuhkan, maka kita harus mencegah bersama-sama dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan, tidak bersentuhan langsung, jaga jarak maksimal dua meter dengan orang lain," katanya.

"Serta tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang. Selain itu, masalah minuman alkohol jangan ada masyarakat yang masih bermain masalah ini, baik menjual atau mengkonsumsi, karena dari pihak Kepolisian tidak segan-segan memproses langsung sesuai hukum yang berlaku," kata AKBP Alexander.

Sementara itu, Kepala Kampung Poiwai Amanus Iwanggin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, Polri dan TNI yang telah mengawal dan mengantarkan langsung sembako ke Distrik Sawai.

"Terima kasih untuk bapak-bapak yang sudah bisa datang ke Sawai dan membawa kami bahan pangan atau sembako. Terima kasih buat Pak Kapolres dan jajaran serta TNI yang ikut mengawal demi kelancaran kegiatan," kata Amanus Iwanggin.

Sedangkan, Kadis Perhubungan Pemkab Mamberamo Raya James A Wanda menyampaikan permintaan maaf kepada warga di Distrik Sawai atas kedatangan bahan pangan yang agak terlambat dikarenakan transportasi dan kondisi cuaca di laut yang tidak bersahabat.

"Kedatangan kami guna memantau langsung pendistribusian bahan pangan ke distrik-distrik, harapannya semua bisa mendapatkan dengan merata," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024