Sentani, Jayapura (ANTARA) - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, secara umum penerapan kebijakan new normal di Kabupaten Jayapura sedang dikaji tim khusus dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura. 

"Penerapan new normal ini masih dikaji oleh OPD  teknis yang ada di Kabupaten Jayapura," kata Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Selasa (9/6).

Sementara itu,lanjut dia, untuk kegiatan ekonomi sebagaimana yang sudah diputuskan oleh pemerintah provinsi Papua dengan seluruh pejabat daerah se Provinsi Papua sudah mulai diberlakukan secara normal di 16 distrik di Kabupaten Jayapura pagi hari sampai pukul 17.00 WIT.

"Namun untuk tiga distrik yang ada di wilayah kota untuk penerapan kegiatan ekonomi sampai pukul 17.00 sore hari itu memang belum berlaku karena juga masih dilakukan kajian terkait dengan peningkatan penerapan protokol kesehatan dalam upaya penanganan COVID-19," ungkap Mathius melalui keterangan tertulis Humas COVID-19 Kabupaten Jayapura.

Untuk itu Bupati Jayapura Mathius Awoitauw terus memberikan himbauan dan arahan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama adanya pandemi COVID-19 ini.  

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu,  saat ini masyarakat tidak perlu lagi hidup dalam ketakutan akan wabah virus corona ini.

Namun, yang terpenting adalah, bagaimana masyarakat bisa  menerapkan aturan  protokol kesehatan yang tepat. 

"Sekarang  kita tidak bisa lagi lari dari COVID-19 ini, mau tidak mau, suka atau tidak, kita harus hidup berdampingan dengan virus corona. ini Namun yang terpenting bagaimana kita setiap masyarakat ini harus bisa menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat lagi daripada yang biasanya,"imbuhnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024