Biak (ANTARA) - Jajaran Kodim 1708/Biak Numfor menyalurkan bantuan 100 bilik pembatas kepada penjual sayur dan buah  pinang melalui tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 dan selanjutnya  diserahkan kepada penjual di Pasar Inpres Biak, Rabu.

Bantuan diserahkan langsung secara simbolis Dandim 1708/Biak Numfor Letkol Inf Ricardo Siregar kepada Sekda Biak Numfor Markus O. Masnembran.

Secara keseluruhan terdapat 100 buah bilik pembatas yang akan diserahkan ke penjual sayur/pinang di pasar.

Dandim 1708/BN Letkol Inf Ricardo Siregar  mengatakan pembuatan bilik pembatas bagi para pedagang itu sangat baik dalam mengatur jarak penjual.

Selain itu, juga sebagai pelindung diri bagi para penjual khususnya lagi dalam hal pencegahan terhadap kemungkinan penularan virus corona (COVID-19). 

"TNI ingin bersama-sama pemerintah daerah menyelesaikan persoalan wabah virus corona yang dihadapi masyarakat saat ini, Kodim 1708 memberikan bantuan di Posko COVID -19, sebagai upaya meringankan beban pemerintah dan masyarakat. Virus Corona adalah bencana dunia semoga bantuan ini bermanfaat dan musibah ini cepat selesai,," ungkapnya dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 173/PVB.

Sementara itu Sekda yang juga adalah Kepala Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Biak Numfor Markus O. Masnembra memberikan apresiasi atas kreativitas yang dilakukan pihak Kodim 1708/BN dalam upaya membantu penjual di pasar untuk mencegah terjadinya penularan virus corona. 

Sekda Biak Numfor mengatakan, bantuan tersebut adalah wujud bentuk sinergitas kekompakan dari Forkopimda, dalam menghadapi musibah bencana dalam penanganan penyebaran COVID -19.

“Atas nama pemerintah daerah, kami ucapkan terima kasih kepada Kodim 1708/BN atas bantuan dan kerja samanya ini. Memang dalam melakukan upaya-upaya pencegahan dan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di Kabupaten Biak Numfor memerlukan keterlibatan semua pihak. Ya salah satunya seperti bantuan bilik pembatas ini,” ujar Sekda ketika menerima secara simbolis bilik pembatas yang diserahkan oleh Dandim 1708/BN di Posko Induk Gugus Tugas.

Salah satu penjual, mama Lisa menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1708/BN karena masih ada yang bisa memperhatikan penjual sayur dan pinang sirih.

"Terutama bagi kami yang berprofesi penjual pinang dan sayur di Pasar Inpres Biak,” kata mama Lisa usai pemasangan bilik pembatas di meja jualannya.

“Dengan adanya bantuan ini, maka bisa kembali semangat dan sekali lagi  saya menyampaikan terima kasih banyak kepada Kodim 1708/BN dan pemerintah daerah," ujarnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024