Serui (ANTARA) - Prajurit TNI Kodim 1709/Yawa bersama Tim Gugus Tugas COVID-19, melakukan pengamanan masuknya KM Dobonsolo yang mengangkut penumpang dari Jayapura sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku dalam rangka penanganan pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Yapen Kepulauan, Rabu

Sebelum kegiatan pengamanan, seluruh personel yang terlibat mulai dari Kodim 1709/Yawa, Polres Yapen, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Pelni, Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Yapen Kepulauan serta. Instansi terkait lainnya, melakukan apel pengecekan.

Setiap penumpang dan barang yang turun dilakukan pemeriksaan dan sterilisasi sesuai protokol kesehatan yang berlaku di Kabupaten Yapen Kepulauan.

 Kemudian para penumpang diarahkan untuk naik kendaraan yang telah disediakan untuk selanjutnya dibawa menuju Stadion Marora untuk dilakukan pemeriksaan tes cepat COVID-19.

Dari total 454 orang penumpang yang turun, sebanyak 76 orang dinyatakan hasil Rapid Test reaktif positif.

Dan untuk selanjutnya penumpang yang hasilnya reaktif positif akan dilakukan karantina atau isolasi selama 14 hari bertempat di Gedung Biru (Rumah Khusus Isolasi Covid-19 Kabupaten Yapen Kepulauan).

Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan  yang ikut langsung dalam kegiatan pengamanan mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk pencegahan dan antisipasi yang dilakukan dalam rangka penanganan penyebaran COVID-19 di wilayah  Kepulauan Yapen. 

Dimana Serui untuk intra Papua, menurut Dandim, merupakan tujuan terbanyak 454 penumpang dari total 1.046 orang penumpang yang berangkat dengan KM Dobonsolo ini.

“Kita bekerja dengan semangat namun tetap gunakan hati, karena mereka yang turun ke Serui ini adalah saudara kita yang akan pulang ke rumahnya setelah sebelumnya terkena dampak dari adanya lockdown di Jayapura, kami perlakukan mereka dengan baik sesuai dengan aturan dan prosedur yang sudah ditetapkan,”ungkap Dandim Letkol Inf Leon Pangaribuan dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 173/PVB.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024