Jayapura (ANTARA) - Sebanyak delapan orang bakal calon pasangan perseorangan saat ini mengikuti verifikasi faktual enam kabupaten  dari 11 kabupaten yang akan melaksanakan tahapan pilkada serentak 2020 di Papua. 
 
Ketua KPU Papua Theodorus Kossay kepada Antara di Jayapura, Jumat petang mengakui, ke delapan bakal calon perseorangan saat ini sedang mengikuti verifikasi faktual yang akan berlangsung hingga 12Juli mendatang. 
 
Berbagai kesiapan saat ini kembali dilakukan terkait pengaktifan kembali tahapan pelaksanaan pilkada 2020.
 
Verifikasi faktual masih berlangsung, kata Kossay seraya menambahkan, delapan bakal calon itu tersebar di Kabupaten Keerom Nabire masing-masing dua orang, Asmat, Supiori, Waropen dan Mamberamo Raya masing-masing satu orang bakal calon pasangan perseorangan. 
 
Ketika ditanya tentang daerah yang rawan dalam pilkada yang pencoblosannya dilaksanakan Desember,  Kossay mengaku pihaknya memperkirakan yang rawan adalah Kabupaten Mamberamo Raya. 
 
Ada sejumlah masalah intern yang tejadi namun saat ini sudah ditangani KPU RI sehingga diharapkan masalah tersebut tidak berkembang lebih luas. 
 
"10 Kabupaten lainnya masih dilakukan pendataan,"jelas Ketua KPU Papua Theodorus Kossay. 
 
11 Kabupaten yang akan menggelar pilkada tanggal 9 Desember mendatang yaitu Kabupaten Supiori, Mamberamo Raya, Boven Digul, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Yalimo, Merauke, Waropen, Nabire dan Kabupaten Keerom serta Kabupaten Asmat. 
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024