Jayapura (ANTARA) - Polda Papua menggelar pemeriksaan berkas administrasi 130 calon siswa (casis) taruna/taruni Akademi Kepolisian dan 167 calon Tamtama di Gedung Elsama Numberi  SPN Polda Papua di Jalan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Sabtu mengatakan pemeriksaan administrasi itu dilaksanakan sejak Jumat (3/7) hingga kini.

"Saat ini telah dilaksanakan kegiatan pendaftaran dan pemeriksaan administrasi awal penerimaan calon taruna Akpol dan Tamtama TA 2020 di Polda Papua," katanya.

Dalam kegiatan ini, kata dia, dihadiri Kepala SPN Polda Papua Kombes Pol Taufiq, Kabag Bingkar SDM Polda AKBP Tober Sirait dan Kasubag Diapers SDM Polda Papua AKP Banu.

"Serta panitia penerimaan dari SDM Polda Papua, Dinas Capil Provinsi Papua, Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah (PPAD), pengawas internal dari Polda Papua dan pengawas eksternal dari Komnas HAM serta Tim Kesehatan Bid Dokkes Polda Papua," katanya.
    
Sebelum pemeriksaan dimulai para calon siswa dianjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan, dimana para calon siswa sebelum memasuki ruangan terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun serta dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

"Peserta calon pendaftar taruna Akpol dan Tamtama dilakukan mengukur tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan berkas-berkas dari tim Dukcapil Provinsi Papua, dilanjutkan ke pemeriksaan pendidikan, perpustakaan dan arsip daerah (PPAD), selanjutnya pemeriksaan Rikmin Akpol dan Rikmin Tamtama diperiksa  panitia, serta dilanjutkan ke bagian tim buku untuk mendaftarkan nomor casis,"katanya.

"Pemeriksaan administrasi ini dilakukan untuk mengecek kembali kelengkapan administrasi masing-masing casis apakah memenuhi syarat atau tidak yang selanjutnya akan mengikuti tahapan berikutnya sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh panitia penerimaan calon Akpol dan Tamtama," katanya.

Ia menegaskan bahwa pemeriksaan administrasi langsung diawasi baik oleh pengawas internal maupun eksternal Polri.

"Ini sebagai bukti bahwa penerimaan yang dilakukan oleh Kepolisian dengan memegang prinsip BETAH atau Bersih, Transparan, Akutabel dan Humanis," katanya.

 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024