Jayapura (ANTARA) - Salah seorang pasien positif COVID-19 meninggal dunia di Kota Jayapura, Provinsi Papua, dan dimakamkan di Pekuburan Buper Waena, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Senin.

Kepala Bidang Respon Emergency UP2KP, Darwin Rumbiak, Senin siang mengatakan, pasien perempuan berinisial MR (65 tahun) ini meninggal di RS Dian Harapan dengan diagnosa memiliki penyakit penyerta (kormobid) pneumonia, gagal napas dan dislipidemia.

Pasien adalah warga Perumnas IV Padang Bulan, Distrik Heram, Kota Jayapura.

"Peguburan hari ini berlangsung lancar. Kami dari UP2KP tujuh orang dibantu dengan keluarga almarhum. Proses pemakaman berlangsung sekitar setengah jam. Kami bergerak sekitar pukul 10.00 WIT setelah doa bersama," katanya.

Menurut dia, keluarga sangat berterima kasih kepada tim URC yang sudah membantu memakamkan jenazah.

Lanjut dia, melihat kondisi kasus COVID-19 di Kota Jayapura yang terus memprihatinkan akibat kasus transmisi lokal yang terus bertambah, banyak petugas kesehatan yang terpapar dan harus beristirahat.

Beberapa rumah sakit menutup sementara sejumlah unit pelayanan, maka masyarakat diminta harus lebih disiplin lagi mengikuti protokol kesehatan.

"Ini angka kematian juga mulai naik beberapa minggu ini, baik pasien positif COVID-19 maupun PDP. Kami berharap komitmen masyarakat mendukung pemerintah dan petugas kesehatan untuk melawan wabah ini agar bisa selesai," katanya.

Berdasarkan data, hingga kini jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal sebanyak 28 orang atau 1 persen dari total 2.568 kasus.

Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 1.233 orang, sementara yang menjalani perawatan sebanyak 1.038 orang.


Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024