Sentani,Jayapura (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika
melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Program Universal Service Obligation (USO) melakukan pemasangan jaringan internet VSAT untuk lima puskesmas di Kabupaten Jayapura yang belum memiliki sambungan fiber optik (FO).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustav Griapon mengatakan lima puskesmas di Kabupaten Jayapura yang mendapatkan bantuan VSAT dari Kementerian Kominfo yakni
Puskesmas Genyem Distrik Nimboran, Puskesmas Demta Distrik Demta, Puskesmas Depapre Distrik Depapre, Puskesmas Airu Distrik Airu, Puskesmas Lereh Distrik Kaureh.

Kemudian yang sudah terpasang Puskesmas Genyem Distrik Nimboran, Puskesmas Demta Distrik Demta dan Puskesmas Depapre Distrik Depapre.

"Yang belum terpasang, Puskesmas Airu, Puskesmas Lereh. Informasinya minggu Ini akan dipasang, kami sedang berkoordinasi dengan tim lapangan untuk menanyakan kira-kira kapan dilakukan pemasangan di Puskesmas Airu dan Lereh ," kata Gustav Griapon di Sentani, Senin.

Ia mengaku saat ini baru dua puskesmas yang sudah terjangkau fiber optik, yaitu Puskesmas Sentani kota dan Sentani Timur karena memang mereka berada di jalur fiber optik.

Jika VSAT di lima puskesmas ini sudah terpasang, lanjut Gustav, berarti ada tujuh puskesmas di Kabupaten Jayapura yang sudah memiliki jaringan internet.

"Dengan dukungan jaringan internet VSAT diharapkan dapat mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar"ujarnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024