Sentani,Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui kebijakan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw telah mencanangkan program ketahanan pangan di 139 kampung dan 5 kelurahan di Kabupaten Jayapura dengan menyiapkan lahan seluas 700 hektare.

"Lahan kebun akan ditanami untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan memanfaatkan pangan lokal,"kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra, Kamis.

Elisa Yarusabra mengatakan program ketahanan pangan sudah mulai dicanangkan sejak pandemi COVID-19 terjadi di Kabupaten Jayapura.

"Jadi kita bekerja sama dengan masyarakat, pemerintah yang menyalurkan dana untuk ketahanan pangan masing-masing kampung itu sebesar Rp100 juta," ungkap Elisa.

Ia menyebut total  keseluruhan anggaran yang digunakan untuk program ketahanan pangan di kabupaten itu sebesar Rp14 miliar.

Untuk memaksimalkan program ketahanan pangan, kata dia, Pemkab Jayapura melakukan pendampingan kepada petani melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura .

"Program ini dapat dijalankan dengan adanya pendampingan langsung dari dinas tanaman pangan dan hortikultura Kabupaten Jayapura, melalui tenaga penyuluh lapangan yang ada di kampung-kampung," ungkapnya.

Lahan masyarakat kampung di wilayah Kabupaten Jayapura, lanjutnya, sangat potensial untuk menunjang program ketahanan pangan lokal maupun mendorong perekonomian masyarakat setempat.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024