Jayapura (ANTARA) - Aparat Polsek Sota dan TNI bersama warga  Sota perbatasan perbatasan RI-Papua New Guinea (PNG) memasang umbul-umbul dan bendera Merah Putih guna menyambut dan menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-75.

"Kegiatan pemasangan bendera dan umbul-umbul ini kami lakukan sejak awal Agustus hingga kini bekerjasama dengan semua pihak baik TNI, aparatur distrik, kampung dan warga Sota, Kabupaten Merauke,"kata Kapolsek Sota AKP Makruf Soeroto ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Senin.

Pemasangan bendera dan umbul-umbul itu, kata dia, dimulai dari pertigaan Tugu Kembar Sabang-Merauke sampai dengan areal PLBN dengan jarak kurang lebih 1 kilometer yang dipasang sepanjang kiri dan kanan jalan dalam rangka memeriahkan HUT RI tanggal 17 Agustus 2020.

"Pemasangan bendera Merah Putih ini merupakan suatu bentuk wujud cinta tanah air, jiwa nasionalisme warga di daerah PLBN Sota sebagai destinasi wisata perbatasan yang mana kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah," katanya.

Ia mengajak seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Merauke khususnya di Sota untuk memeriahkan hari Kemerdekaan RI yang ke-75 tahun dengan suka cita.

"Kalau bukan kita siapa lagi yang ramaikan, kalau bukan sekarang, kapan lagi tunjukkan jiwa nasionalisme, kobarkan garuda dan merah putih di dadamu,"imbuhnya.

Selain pemasangan bendera Merah Putih, AKP Makruf mengaku juga memberikan bendera Merah Putih kepada para ketua lingkungan tempat tinggal, serta cat minyak warna merah putih, pemasangan umbul-umbul dan pemasangan tiang bendera Merah putih di sepanjang jalur lokal dan pembuatan patok pada pinggiran jalan serta mewarnai merah putih.

                                                                     

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024