Serui,Kepulauan Yapen (ANTARA) - Dandim 1709/Yapen Waropen Letkol Inf Leon Pangaribuan memberikan sosialisasi rekrutmen komponen cadangan Angkatan Darat  pada  acara pelantikan pengurus rayon KB.FKPPI 2409-01 Distrik Yapen Selatan, Distrik Anotaurei dan Distrik Angkaisera  Kabupaten  Kepulauan Yapen masa bhakti 2020-2025  di Aula Makodim 1709/Yawa,Senin.

Dandim Letkol Leon menjelaskan,sistem pertahanan kita  adalah sistem pertahanan rakyat semesta. Dimana kekuatan pertahanan yang paling terakhir adalah seluruh rakyat yang merupakan komponen cadangan (Komcad).

Yang tugas Komcad apabila terjadi gangguan di bidang ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya dan pertahanan maka komponen cadangan ini yang bergerak.

“Syarat menjadi calon Komcad ini pun juga mudah yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia pada NKRI, berusia 18 sampai dengan 35 tahun, kemudian sehat jasmani dan rohani, selanjutnya tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh pihak kepolisian,” jelas Dandim.

Dandim menambahkan setelah proses seleksi, para rekrutmen Komcad ini akan menjalani latihan dasar militer, dimana saat mengikuti latihan ini akan diberikan uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, rawatan kesehatan serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Pembentukan Komcad ini tujuannya adalah untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam hal ini TNI untuk menghadapi segala bentuk ancaman militer maupun non militer guna mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa,”ungkap Dandim melalui penerangan Korem 173/PVB.

Di akhir kegiatan diberikan penyerahan bantuan sarana olahraga oleh Dandim 1709/Yawa ikut  hadir di antaranya Asisten Sekda  Yapen Portunatus Numberi.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024