Jayapura (ANTARA) - Kepolisian Resor Supiori menggelar simulasi pengamanan Pilkada 2020 melalui Tactical Floor Game (TFG) di aula Rum Kakon Kakara Mapolres Supiori, Kabupaten Supiori, Papua, Sabtu.

Kapolres Supiori AKBP I Made Budi Darma mengatakan kegiatan simulasi diikuti Wakapolres Supiori Kompol Aswadi, Pabung 1708 Biak Numfor-Supiori Mayor Inf Jhon Wakman, Kasat Pol PP Supiori Antonius Sendeng, Plh KPU Selvi Mundoni ST dan Komisioner Divisi SDM Bawaslu Dessi Rumaseuw, Divisi Hubal Marthen Wayoi, serta para PJU Polres Supiori.


"Dalam TFG dilakukan simulasi pengamanan TPS dan kantor penyelenggara Pilkada saat kondisi aman. Selain itu, disimulasikan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) saat terjadi situasi  unjuk rasa dan kerusuhan hingga situasi dapat dikendalikan," kata Kapolres Supiori AKBP I Made Budi Darma ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu malam.

Dalam Tactical Floor Game semua skenario dilaksanakan. Mulai dari situasi aman, ada unjuk rasa dan sistem pengamanan kota saat situasi kontijensi terjadi hingga penegakkan hukum. 

"Dalam kegiatan itu juga mengarahkan bagaimana kesiapan kita, baik personel maupun sarana dan prasarana. Kita juga simulasi segala kemungkinan dan segala situasi yang mungkin terjadi," katanya. 

Ia menegaskan, Polres Supiori selalu siap dalam segala situasi dan kondisi dalam pengamanan Pilkada 2020. Dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan diharapkan seluruh personel mengerti dan tahu bagaimana harus bertindak. 

"Walaupun kita semua berharap situasi wilayah Kabupaten Supiori dalam Pilkada 2020 selalu aman dan kondusif. Dalam pengamanan yang disimulasikan pihak Kepolisian juga bersinergi dengan personel dari TNI dan unsur instansi terkait termasuk dari Pemerintah Daerah Supiori. Karena dalam pengamanan diperlukan sinergitas dari semua instansi terkait," katanya.

 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024