Semarang (ANTARA) -
Kementerian Riset dan Teknologi menganugerahkan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah karena dinilai sebagai provinsi paling inovatif di seluruh Indonesia pada 2020.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Riset dan Teknologi Indonesia Bambang Brodjonegoro dan diterima Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Auditorium B.J. Habibie Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa.

Ganjar mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk keseriusan jajaran pemerintah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Jateng.

"Mereka itu, kreasi, riset dan inovasi menjadi kebiasaan," katanya, usai menerima penghargaan.

Dirinya menilai pemerintah pusat tidak henti-hentinya memberikan stimulus agar inovasi daerah bisa berkembang.

Ganjar juga mengaku senang karena tidak hanya pemerintah provinsi yang menerima penghargaan, tapi juga ada kabupaten, kota, individu, peneliti dan kampus.

"Ini bagian dari cara kita merangsang daerah-daerah bisa melakukan inovasi, kreasi, risetnya lebih banyak dan menyelesaikan persoalan daerah," ujarnya.

Menurut dia, hasil riset, inovasi, dan kreasi berpotensi menyelesaikan persoalan di masyarakat.

"Kita hanya perlu didorong, diberi kesempatan dan kita hanya butuh seluruh inovasi kita dipakai dan dibeli," katanya.

Inovasi di Provinsi Jateng yang mendapat perhatian, di antaranya sekolah virtual untuk anak putus sekolah. Pada program itu, pemprov tidak sekadar menggelar pembelajaran daring, namun juga membuat aplikasi hingga silabus khusus.

Sekolah virtual itu diikuti anak usia pelajar yang tidak mampu sekolah karena masalah biaya dan kini mendapat kesempatan untuk bersekolah dengan memilih sendiri waktu pembelajaran.

Peringkat kedua penghargaan provinsi inovatif diduduki oleh Provinsi Jawa Barat, sedangkan Provinsi Jawa Timur menempati peringkat ketiga.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024