Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 241 personel gabungan, Kamis (24/12) malam dijadwalkan bertugas mengamankan ibadah malam Natal yang dilaksanakan di gereja-geraja di wilayah Polresta Jayapura Kota, Papua.
 
Kabag Ops Polresta Jayapura Kota Kompol Nursalam Saka di Jayapura, Kamis mengatakan, tim gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan ibadah malam Natal itu bukan hanya dari anggota TNI-Polri juga ORARI dan anggota pramuka.
 
Sebelum pelaksanaan ibadah melalui biro ops Polda Papua bersama tim Gegana Brimob melakukan sterilisasi di gereja-geraja setempat.
 
Sterilisasi dilakukan untuk memastikan gedung tersebut aman, sehingga masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan aman, kata Nursalam.
 
Tercatat 292 gereja yang berada di wilayah hukum Polresta Jayapura Kota.
 
Beberapa warga yang ditemui sedang berbelanja di pusat pertokoan yang ada di Jalan Ahmad Yani mengakui Natal kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena tidak menerima tamu atau open house.
 
"Keluarga kami memang memutuskan untuk mengikuti anjuran pemerintah mengingat COVID-19 masih mewabah termasuk di Kota Jayapura, sehingga tidak mengadakan open house", kata Martha, warga Dok VIII seraya mengaku walaupun demikian tetap membuat kue, masak dan beli minunan kaleng.
 
Tradisi tetap dilakukan, namun tidak menerima tamu kecuali keluarga dekat, kata Martha ibu dari empat anak.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024