Jayapura (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Doren Wakerkwa mendorong penyiapan beberapa fasilitas publik milik pemerintah harus dilakukan secara maksimal.

Pada monitoring  beberapa fasilitas publik aset pemerintah seperti balai pelatihan kerja yang dikelola Dinas Perindustrian, Koperasi dan Tenaga Kerja setempat.

"Balai latihan kerja ini harus dikembangkan dan dimaksimalkan karena dari tempat ini akan mencetak tenaga-tenaga terampil profesional untuk membangun tanah Papua," kata Doren di Jayapura, Kamis.  

Menurut Doren, semua dukungan harus dipersiapkan di mana secara teknis jika diperlukan koordinasi dengan semua stakeholder baik itu di tingkat daerah mapun pusat harus segera dicarikan jalan keluarnya. 

"Demikian juga tempat produksi pengolahan kayu di Gelanggang Waena, pasalnya, kayu merupakan hasil sumber daya yang alam yang sangat melimpah di Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya harus mampu mengolah hasil alam ini dengan baik dan maksimal serta bernilai tinggi  untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

"Meningkatkan daya saing sumber daya di Papua, di bidang SDM dan peningkatan produksi khususnya di bidang pengolahan kayu menjadi salah satu konsen Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, untuk itulah diperlukan dukungan fasilitas tempat pelatihan dan sentra produksi yang memadai," katanya lagi.

Pada monitoring dilakukan Penjabat Sekda Papua bersama rombongan juga melakukan survei ke beberapa kantor pemerintahan, di antaranya Kantor eks Dinas Tenaga Kerja Tanjung Ria, Kantor Dinas Perindagkop dan Naker Entrop dan Kantor Percetakan Rakyat Papua di Jalan Percetakan, sebagai alternatif kantor sementara terkait rencana renovasi total  Kantor Gubernur Papua Dok II Jayapura yang akan dimulai Tahun Anggaran 2021.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024