Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam upaya pembinaan terhadap masyarakat adat di wilayah itu.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Doren Wakerkwa di Jayapura, Selasa, mengatakan Kabupaten Jayapura sudah berencana melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka pembinaan masyarakat adat.

"Hal ini bisa menjadi contoh bagi daerah atau kabupaten dan kota lain di Papua," katanya.

Menurut Doren, Pemkab Jayapura bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Papua segera menandatangani nota kesepahaman terkait penanganan masalah tanah, hak ulayat, hutan dan wilayah adat.

"Hal ini menunjukkan bagaimana upaya Bupati Jayapura sejauh ini membina masyarakat adat di wilayahnya," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengakui permasalahan tanah di Papua sangat berat karena masing-masing telah mengklaim kepemilikannya.

"Untuk itu pemetaan wilayah adat sangatlah penting sehingga harus didorong agar semua mengimplementasikan," katanya lagi.

Sebelumnya, Pemprov Papua menggelar pertemuan dengan Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN Surya Tjandra dan rombongan terkait reformasi agraria berkonteks Papua di Jayapura.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024