Jayapura (ANTARA) - Manajemen PT Pelindo IV (Persero) Cabang Jayapura mengklaim telah menyiapkan personel operasional yang tetap dan dalam kondisi prima guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 di pelabuhan dan sekitarnya.

General Manager PT Pelindo IV Cabang Jayapura Sonny Uktolseya kepada Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya juga secara acak melakukan tes cepat antigen dan serologi kepada pejabat maupun staf operasional di lapangan.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya pendeteksian secara dini dan disyukuri hingga kini belum ada stafnya yang terkonfirmasi terpapar COVID-19 serta ke depan diharapkan tidak ada yang terindikasi virus ini," katanya.

Menurut Sonny, sedangkan untuk fasilitas publik, Pelabuhan Jayapura pihaknya terus mempersiapkan tempat cuci tangan, tanda-tanda untuk "social distancing" di dalam terminal penumpang, pemasangan spanduk-spanduk guna mendukung program 3M.

"Hingga kini kami masih memberlakukan adanya pemeriksaan surat hasil tes cepat antigen dan serologi untuk calon penumpang kapal laut oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KPP) Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan sementara itu, untuk mendukung kebijakan pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pihaknya terus meningkatkan pendisplinan protokol kesehatan.

"Masih ada masyarakat yang sering berkerumunan sehingga di wilayah Pelabuhan Jayapura misalnya, kami terus mengingatkan mengenai protokol kesehatan," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana pun, angka kasus COVID-19 ini dapat ditekan dan tidak meningkat terus.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024