Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (5/2) kemarin, mulai dari pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, hingga perekonomian Indonesia tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 2,07 persen (yoy).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Menko Airlangga: Pemerintah akan terapkan PPKM berskala mikro

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan dalam waktu dekat pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro atau di tingkat lokal.

“Kita lihat beberapa daerah mengalami penurunan yakni DKI Jakarta dan Jawa Tengah dalam seminggu terakhir, tapi Presiden minta supaya lebih mikro lagi,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam konferensi pers daring di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini
2. KAI resmi buka pemeriksaan GeNose di 4 stasiun

PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi meluncurkan layanan pemeriksaan GeNose C19 di empat stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen, Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Gambir, dan Stasiun Solo Balapan.

"Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI dalam mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di transportasi kereta api dan sebagai perwujudan dari dukungan Bangga buatan Indonesia," ujar VP Public Relations KAI (Persero) Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

3. Terima proposal Tesla, pemerintah gelar pertemuan lanjutan pekan depan

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) menerima proposal investasi dari Tesla, Kamis (4/2), dan akan menggelar pertemuan secara virtual pada pekan depan untuk mendapatkan penjelasan secara resmi dari perusahaan kendaraan listrik asal Amerika Serikat itu.

"Terkait Tesla, proposal sudah saya terima kemarin (Kamis, 4/2) pagi. Kita sedang pelajari secara internal. Next week (pekan depan) kita akan ketemu mereka untuk mendapatkan penjelasan secara resmi, secara langsung, dari mereka terkait proposal yang mereka ajukan," kata Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto dalam jumpa pers virtual, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

4. Garuda angkut 33 ton manggis dari Padang ke Guangzhou

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengangkut produk ekspor pertanian dari Padang, berupa 33 ton komoditas buah manggis ke Guangzhou, China.

Pengangkutan produk ekspor tersebut dilayani dengan penerbangan charter khusus rute Padang – Guangzhou pada, Rabu (3/2), melalui penerbangan GA 8960 yang dioperasikan oleh armada A330-300 dengan daya angkut mencapai 40 ton pada setiap penerbangannya.

Baca selengkapnya di sini

5. BPS catat ekonomi Indonesia pada 2020 terkontraksi 2,07 persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia secara kumulatif mengalami perlambatan dan terkontraksi sebesar 2,07 persen (yoy) pada 2020.

"Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia Tahun 2020 dibandingkan dengan Tahun 2019 mengalami kontraksi 2,07 persen," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024