Jayapura (ANTARA) - Sejumlah pejabat Kodam XVII/Cenderawasih dan Kepolisian Daerah Papua mengikuti rapat pimpinan TNI-Polri Tahun 2021  secara virtual dan dibuka  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Senin.

Presiden RI Joko Widodo mengharapkan, TNI-Polri selalu menjadi garda terdepan saat negara mengalami bencana atau krisis.

Presiden Joko Widodo  menekankan untuk menjaga sinergi TNI-Polri sebagai penjaga negara dan bangsa maka TNI-Polri  diharapkan untuk membantu mendisiplinkan 3M dan penegakkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro dan  mensukseskan program vaksinasi massal dalam rangka pembentukan Herd Immunity.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi atas kerja keras dan dharma bakti TNI- Polri untuk mengatasi permasalahan negara.

Selain itu, menurut Presiden Jokowi, pemulihan ekonomi Nasional dan Penanggulangan Pandemi COVID-19 juga amat membutuhkan partisipasi aktif TNI- Polri.

Presiden berharap agar  tugas TNI-Polri terfokus pada penegakkan pendisiplinan masyarakat serta menyukseskan program vaksinasi nasional.

Sementara itu,  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto  mengatakan, sinergi TNI-Polri amat penting dan merupakan modal dasar dalam mengatasi masalah bangsa (bencana alam, penegakan disiplin  mematuhi protokol COVID-19  dilaksanakan melalui komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi.

Sedangkan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menegaskan,  sinergi TNI-Polri merupakan kunci dalam mengatasi masalah bangsa selain itu soliditas dan sinergi tetap harus terus ditingkatkan.

Rapim di tingkat Provinsi Papua digelar di Ruang Rapat Mapolda Papua Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mewakili Pangdam dan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw serta pejabat utama Kodam dan Polda Papua.

“Hari ini  15 Februari 2021 kita mengikuti rapim TNI-Polri tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual,”ujar Kapolda Papua.

Dalam rapim itu dibahas terkait dengan pencegahan penyebaran COVID-19 serta pelaksanaan PPKM skala mikro dan program vaksinasi.

“Bagaimana kita membantu memulihkan ekonomi nasional di tahun 2021 dan terus bersinergi dalam mendukung program pemerintah terkait pencegahan COVID-19 dan vaksinasi tahap kedua,”ungkap Irjen Paulus Waterpauw.

Kasdam Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mengatakan,  khusus di Provinsi Papua, Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua juga diminta membuat langkah strategis dalam mendukung kebijakan otonomi khusus (Otsus) untuk mensejahterakan masyarakat Papua.

“TNI-Polri yang berada di Papua diminta mendukung program pemerintah terkait dengan kebijakan Otsus Papua yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Papua,”ujar Kasdam.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024