Timika (ANTARA) - Dua kompi pasukan Brimob BKO dan Polda Jambi dan Polda Kalimantan Barat dibawah kendali operasi Polda Papua, Rabu siang tiba di Timika untuk melaksanakan tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrawan) di pedalaman Papua selama enam bulan ke depan.

Kehadiran pasukan Brimob Polda Jambi dan Polda Kalbar untuk menggantikan personel pasukan Brimob dari Polda Sumatera Utara, Polda Sumatera Selatan, Polda Jawa Barat, Polda Gorontalo, Polda Riau dan Polda Kepulauan Riau.

Selanjutnya pada Kamis (18/2), direncanakan akan tiba lagi di Timika dua kompi pasukan Brimob BKO dari Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Polda Bangka Belitung.

Komandan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Papua Komisaris Polisi Ramadhona memimpin upacara penyambutan dua batalyon pasukan Brimob dari Polda Jambi dan Polda Kalbar itu bertempat di pelataran Gedung Eme Neme Yauware Timika.

"Kami mengucapkan selamat datang di Tanah Papua dan selamat bertugas," ucap Kompol Ramadhona.

Ia berpesan agar pasukan Brimob BKO dari kedua Polda itu menjaga dan mempertahankan kehormatan satuan sebagai kebanggan dari seluruh anggota koorps Brigade Mobil Polri.

"Setiap tugas yang dipercayakan oleh pimpinan merupakan suatu kebanggan, suatu kehormatan. Pertahankan itu, dan laksanakan tugas yang akan dilakukan di sini," imbaunya.

Kompol Ramadhona mengatakan penugasan untuk jangka waktu enam bulan tidak akan terasa lama jika dilakukan dengan ikhlas sepenuh hati.

Dalam melaksanakan penugasan di wilayah Papua, katanya, setiap personel pasukan Brimob BKO itu harus menjaga sinergitas dengan seluruh satuan maupun instansi terkait, menjaga hubungan baik dengan satuan kewilayahan yang ada terutama dengan TNI dan Pemerintah Daerah setempat.

"Bangun juga komunikasi yang baik dengan seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah tugas. Kita semua berangkat sampai di sini dalam keadaan sehat, selamat, kondisi lengkap, diharapkan saat kembali juga dalam kondisi sehat, selamat dan lengkap," pesan Kompol Ramadhona.
  Pasukan Brimob BKO dari Polda Jambi dan Polda Kalbar yang melaksanakan tugas pengamanan daerah rawan di pedalaman Papua tiba di Timika, Rabu (18/2/2021). (ANTARA/Evarianus Supar)
Komandan Satgas Ops Pamrawan AKBP Ahmad Nurman Ismail mengatakan rotasi pasukan Brimob BKO dari sejumlah Polda di luar Papua ke Papua dilakukan rutin selama enam bulan untuk membantu pengamanan wilayah Papua.

Sebagaimana diketahui, eskalasi keamanan meningkat di sejumlah daerah di Papua akhir-akhir ini seperti di Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak serta Kabupaten Nduga mengakibatkan sejumlah orang meninggal dunia, tidak saja dari kalangan warga sipil tetapi juga dari kalangan aparat TNI dan Polri, termasuk Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB).

 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024