Wamena (ANTARA) - Sebanyak 128 personel TNI Babinsa Kodim 1702/Jayawijaya dipimpin Danramil 01 Wamena Mayor Chb Yusuf Rinding melaksanakan kegiatan pembersihan saluran air drainase dari kotoran sampah yang menumpuk di saluran air sepanjang Jalan Trikora Wamena.

Informasi diterima ANTARA, Minggu disebutkan, pembersihan drainase dilakukan salah satu Babinsa Serda M. Ilyas  langsung turun ke selokan air/drainase dibantu beberapa orang rekannya untuk mengeluarkan sampah yang sudah menumpuk dan menutupi saluran air.

Danramil Wamena Mayor Chb Yusu Rinding mengatakan, di wilayah Kabupaten Jayawijaya curah hujan sangat tinggi intensitasnya sehingga rentan terjadi banjir.

Selain itu, lanjut Danramil,  masih kurangnya kesadaran warga menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya sehingga menyumbat saluran drainase..

Kegiatan Babinsa Koramil 01 Wamena juga dibantu belasan warga dan tiga unit truk dari Dinas Kebersihan Pemkab Jayawijaya yang ikut diperbantukan untuk membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir.

Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf AB Situmeang saat ditemui mengapresiasi kesigapan personel Babinsa  yang sudah bergerak cepat di bawah arahan Danramilnya.

"Babinsa harus tanggap membantu meringankan kesulitan masyarakat di wilayah binaannya,"tegas Dandim Letkol AB Situmeang.

Dandim menghimbau masyarakat agar selalu mewaspadai kondisi cuaca curah hujan tinggi serta mengajak untuk menjaga lingkungan sekitar dengan budayakan hidup bersih tidak membuang sampah di sembarang tempat.

"Di kota ini kita hidup serta mencari nafkah, mari kita jaga dan pelihara kebersihannya agar kita nyaman serta sehat,"imbuhnya.


 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024