Boven Digoel (ANTARA) - Warga Distrik Kawagit Kabupaten Boven Digoel menyediakan angkutan jenis  longboat untuk membantu pengangkutan material pembangunan rumah pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun anggaran 2021 oleh Kodim 1711/BVD.

Seorang warga Distrik Kawagit, Nerson di Boven Digoel, Sabtu mengakui, warga sangat mendukung program TMMD di wilayahnya sehingga rela membantu menyediakan longboatnya untuk angkutan material ke lokasi TMMD.

Nerson menuturkan, masyarakat di sekitar lokasi juga ingin mendukung program TMMD Kodim 1711/BVD dan Pemkab Boven Digoel dengan berbagai hal supaya pelaksanaannya berjalan sesuai dengan rencana.

"Saya dengan teman-teman mungkin tidak bisa membantu pembangunan rumah kerena berkerja, tetapi kami akan memperbantukan longboat untuk mengangkut bahan material ke lokasi TMMD," katanya.

Nerson mengungkapkan terkadang debit air sungai menuju ke lokasi TMMD sering pasang surut, dan itu semua tergantung cuaca serta banyaknya curah hujan di hulu sungai.

"Jika sungai sedang surut, maka kita dengan senang hati akan memperbantukan long boat untuk mengangkut material dari kapal utama menuju dermaga,"katanya.

Menurut dia, jarak tempuh longboat ke lokasi TMMD lumayan jauh karena melewati medan sungai.

"Ini merupakan bentuk partisipasi kami sebagai warga Distrik Kawagit untuk mensukseskan program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat Kampung Kombay, Kampung Wanggom dan Kampung Kawagit," ujarnya.

Sebelumnya, Komandan SSK Satgas TMMD Kodim 1711/BVD Kapten Inf Zabir mengakui, warga sangat antusias membantu program TMMD ke-110 Kodim 1711/BVD di wilayah distrik Kawagiat.

TMMD ke-110 Kodim 1711/BVD dengan sasaran program fisik pembangunan delapan unit rumah dan kegiatan non fisik berupa penyuluhan/layanan kesehatan, bela negara, bakti sosial dan kegiatan lainnya.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024