Jayapura (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Papua terus mempererat sinergi dengan media melalui ajang Kapolda Papua Journalist Award 2021 yang diikuti oleh para insan pers di Bumi Cenderawasih.

Kegiatan ini adalah perlombaan karya jurnalistik yang baru pertama kali digelar Polda Papua dengan mengambil tema “Polisi Humanis Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat”.

Kapolda Papua journalist Award 2021 mengumumkan daftar pemenang
dari masing-masing kategori.

Untuk kategori Narasi, juara Harapan 1: Raymond Latumahina dari Fokus Papua, Harapan 2: Paulus Manahara Tambunan dari Bintang Papua, Harapan 3: Alan Youwe dari Bumipapua.com.

Juara 1: Hendrina Dian Kandipi dari  Antaranews.com, Juara 2: Ardilles Lelollterry dari Lintaspapua.com, Juara 3: Agies Pranoto dari Kabarpapua.co.

Kategori Video
Juara Harapan 3: Rolly Sitanggang dari Inews papua, Harapan 2: Muhammad Ridwan dari SCTV, Harapan 1: Laksa Mahendra dari Antara TV.
Juara 3: Riyanto Nay dari Indonsiar, Juara 2: Sharif Jimar dari Kompas Tv, Juara 1: Yonri Revolt dari Seputar Papua Tv.

Untuk kategori Foto pemenang
Juara Harapan 3: Mujiono dari seputarpapua.com, Juara Harapan 2: Elvira Halifa dari harian Cenderawasih Pos, Juara Harapan 1: Wendi Wicaksono dari Papuaselatan.com.
Juara 3: Irsul Panca Aditra dari Seputarpapua.com, Juara 2: Dwi Bobby Kurniawan dari Reportasepapua.com, Juara 1: Selfianto Pakiding dari Seputarpapua.com.

Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw juga turut hadir dalam kegiatan tersebut secara virtual, kemudian Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, Wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto, PJU Polda Papua.

Kabaintelkam Komjen Pol Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengatakan kegiatan Kapolda Papua Journalist Award 2021 ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2021, serta sebagai wujud Diseminasi Informasi Sinergitas Polri bersama Insan Pers di Papua sebagai Pilar Demokrasi.

"Polri tidak bisa menjalankan tugas Harkamtibmas seorang diri, untuk itu kami mendorong media melalui stimulasi (acara) lomba jurnalis ini, karya para pemenang bukan sekadar karya jurnalistik, namun memberikan dampak positif dalam mempublikasikan situasi keamanan dalam negeri kepada masyarakat," katanya.

Menurut Kabaintelkam, melalui ajang tersebut, diharapkan pemberitaan yang disiarkan media mempunyai nilai yang lebih untuk memacu rekan-rekan jurnalis baik dari Media Cetak, Online, Foto dan Video untuk berkarya lebih baik.

Senada dengan Komjen Paulus Waterpauw, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengatakan kegiatan Kapolda Papua Journalist Award 2021 merupakan ide atau program dari Kabaintelkam Polri Komjen Polri Paulus Waterpauw saat menjabat sebagai Kapolda Papua dan akan ia teruskan pada tahun berikutnya.

"Kapolda Papua Journalist Award merupakan bentuk apresiasi dari Polda Papua atas terjalinnya sinergitas antara Polri dengan rekan-rekan Insan Pers yang ada di Papua dalam Desiminasi Informasi yang positif sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan pers karena bersama Polri membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan tepat.

"Melalui media, masyarakat bisa mengetahui kinerja Polri, tidak hanya dalam perannya menjaga situasi ketertiban dan keamanan yang kondusif, tetapi juga sisi humanis dari setiap personel kepolisian di seluruh Indonesia, khususnya Papua," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya secara pribadi dan atas nama kesatuan mengucapkan selamat semoga menjadi berkah buat keluarga dan meningkatkan hubungan baik dengan Polri khususnya Polda Papua, di mana Kapolda Papua Journalist Award Tahun 2021 akan dilanjutkan pada tahun 2022 dengan memberikan hadiah yang lebih besar.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024