Kepulauan Yapen (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua mengoperasikan Puskesmas Kampung Yobi sebagai fasilitas pelayanan kesehatan rawat jalan guna melayani masyarakat dari empat kampung setelah diresmikan 29 Maret 2021 dilakukan Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Tonny Tesar, .

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Yapen Karolis Tanawani melalui laman daerah dikutif, Rabu mengatakan pembangunan Puskesmas di kampung Yobi berdasarkan atas usulan masyarakat melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) dikarenakan warga  mengalami kesulitan dalam akses pelayanan kesehatan di wilayah Pantura Bagian Timur.

"Pembangunan Puskesmas di kampung Yobi ini juga adalah salah satu jawaban dari Bupati dan Wakil Bupati kepada masyarakat,"ungkap Kadis Kesehatan Karolis Tanawani.

Ia mengungkapkan, pembangunan Puskesmas Yobi menggunakan DAK fisik tahun anggaran 2016 namun baru dapat dioperasionalkan pada Februari 2021 karena mengalami berbagai macam kendala dan hambatan.

Kadis Kesehatan Karolis menyebut, Puskesmas Yobi adalah tipe puskesmas rawat jalan yang akan melayani masyarakat di empat Kampung antara lain, Kampung Yobi, Kampung Soromasen, Kampung Sambrawai dan Kampung Sewendui.

Fasilitas lain yang juga dibangun, menurut Kadis Kesehatan Karolis,  berupa satu unit rumah dokter dan dua kopel rumah bagi paramedis.

Puskesmas Yobi didukung sejumlah tenaga kesehatan yang bertugas pada Puskesmas ini antara lain, satu orang sarjana keperawatan, tiga orang bidan, satu tenaga analis, satu tenaga D3 farmasi, satu tenaga gizi, satu tenaga kesehatan lingkungan dam 12 tenaga D3 Keperawanan Nnon PNS.

Bupati Tonny Tesar pada peresmian operasional Puskesmas Yobi mengatakan, pemerintah daerah memberikan apresiasi terhadap pencapaian pembangunan Puskesmas Yobi.

Ia berharap, agar puskesmas ini dapat dimanfaatkan dan difungsikan dengan baik dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat di empat kampung.

"Dengan hadirnya Puskesmas ini tentunya dapat meningkatkan kebutuhan pelayanan kesehatan yang optimal bagi warga. Apalagi, didukung ketersediaan tenaga medis yang memadai. Inilah yang perlu menjadi perhatian serius bagi dinas terkait,"ungkap Bupati Tonny Tesar.

Bupati juga meminta agar Puskesmas Yobi dapat didukung oleh warga setempat sehingga kedepannya para tenaga medis yang bertugas dapat bekerja dengan nyaman dan tidak ada aksi-aksi yang meresahkan.

Peresmian operasional Puskesmas Kampung Yobi 29 Maret ditandai pengguntingan pita disaksikan Forkompinda, pejabat Pemkab Kepulauan Yapen serta para kepala kampung dan pimpinan OPD.










 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024