Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG dari Yonif 131/Braja Sakti membantu memperbaiki sumur tua sebagai sumber air bersih bagi warga di Kampung Skow Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Komandan Pos Ramil Tami Lettu Inf Janopen Arman dalam keterangan tertulis diterima ANTARA,Rabu, menjelaskan, sumur tua yang diperbaiki merupakan fasilitas untuk umum yang berlokasi di tengah Kampung Skow Mabo.

"Sumur tua ini merupakan salah satu sumber air bersih yang digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari di Kampung Skow Mabo,"ungkap Lettu Janopen.

Lettu Janopen menambahkan, kondisi sumur tua sudah beberapa minggu ini  terkendala dengan tersumbatnya pipa mesin penarik air yang membuat masyarakat susah untuk mendapatkan air bersih sehingga prajurit TNI memperbaiki agar kebutuhan air warga terpenuhi.

"Aliran sumur tua mengalami permasalahan karena pipa air tersumbat, sehingga prajurit TNI dari Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti dan warga memperbaiki mesin penarik air dan membersihkan sumur dengan menimba tanah dan pasir yang ada di dasar sumur yang menyebabkan tersumbatnya mesin penarik air,"ujar Lettu Janopen

Danpos Lettu Janopen mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat dapat memperoleh air yang bersih dan layak digunakan dalam kebutuhan sehari-hari sebagai kebutuhan vital bagi warga kampung.

Diakui, kegiatan yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti tersebut merupakan wujud kedekatan TNI dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti dengan masyarakat di Kampung Skow Mabo Papua.

“Sekarang sumur ini sudah bisa digunakan kembali oleh masyarakat berkat gotong-royong antara warga dan Satgas Yonif 131/Braja Sakti untuk kebutuhan sehari-hari. Kami juga berharap kepada warga agar dapat menjaga kebersihan sumur tersebut,”harapnya.

Salah seorang warga Kampung Ramil Tami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif 131/Braja Sakti Pos Ramil Tami yang telah membantu warga memperbaiki sumur. 

“Kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada bapak TNI yang sangat peduli dengan warga di sini,”ujarnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024