Wamena (ANTARA) - Kalangan warga di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mengapresiasi kinerja kepolisian setempat yang telah menemukan dan mengembalikan 293 motor curian kepada masyarakat sebagai pemilik sah.

Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Jayawijaya, Yohanes Tuku di Wamena, Senin, menyampaikan terimakasih kepada polisi karena motornya yang pernah dicuri bisa ditemukan kembali.

"Motor saya hilang tiga tahun lalu dan saya tidak pernah berpikir motor ini bisa kembali, tetapi polisi temukan dan kembalikan kepada saya," katanya.

Ia mengharapkan kegiatan kepolisian yang ditingkan berupa razia kendaraan maupun patroli itu terus dilanjutkan sehingga lebih banyak mengungkap kendaraan curian.

"Walaupun motor saya sudah tidak seperti sebelumnya, tetapi masih bisa ditemukan oleh polisi. Kami masyarakat mengharapkan polisi meningkatkan kegiatan ini untuk mengungkap kasus kejahatan yang ada," katanya.

Yohanes Tuku bersama 7 orang lainnya dihadirkan di polres untuk mengambil kembali motor mereka yang hilang dicuri.

Pengembalian motor berlangsung di Mapolres Jayawijaya.

Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen mengatakan polisi telah menemukan dan mengembalikan 57 motor curian kepada pemilik sah sepanjang Januari-Mei.

"Kalau dari Tahun 2020 sampai 2021 kita kita telah mengembalikan 293 roda dua. Telah kita kembalikan kepada masyarakat, yang mana ini merupakan hasil curian berdasarkan laporan polisi yang ada di polres," katanya.

Ia memastikan kegiatan patroli, razia kepolisian masih akan terus dilakukan sebab berdasarkan data kepolisian tiga tahun lalu, cukup banyak kendaraan yang hilang atau dicuri.

"Kita tidak mengejar jumlah yang akan ditemukan, kita hanya meningkatkan kegiatan kepolisian dan sudah pasti ini terjaring dan saya yakin dalam bulan ini kita bisa mencapai 300 motor, artinya setengah dari angka kendaraan yang hilang selama tiga tahun terakhir," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024