Wamena (ANTARA) - Bupati Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Jhon Richard Banua mengatakan Pemkab Jayawijaya segera mengirim tim melakukan survei agar dibuka akses jalan menuju Kampung Miami di Distrik Itlay Hisage dalam upaya mendorong peningkatan perekonomian warga setempat.

Bupati Jhon Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua, Kamis, mengatakan selama ini belum ada akses jalan darat untuk kendaraan ke kampung Miami sebab daerah itu berada di kawasan berbatuan dan tanjakan curam.

"Jadi saya pikir yang tadi sudah diusulkan seperti jalan ke Miami, ini kita harus survei, melihat medannya karena itu daerah batu bertanjakan, jadi kita akan lihat kalau memang daerah itu bisa dibuka," katanya.

Bupati Jhon Banua juga akan melakukan pertemuan dengan kepala kampung agar jika memungkinkan jalan ke Kampung Miami dibangun dengan sebagian dari dana desa yang diterima kampung itu.

Bupati Jhon mengatakan untuk menjangkau daerah itu, mereka harus menggunakan helikopter.

"Dahulu di Itlay Hisag ini juga kita menggunakan helikopter, sekarang baru kita bisa menggunakan jalan darat. Termasuk ke Miami ini yang sampai sekarang mesti menggunakan helikopter," katanya.

Jhon mengatakan selama menjabat Wakil Bupati Jayawijaya, ia bersama bupati membuka akses jalan sehingga 39 dari 40 distrik di sana sudah bisa dijangkau dengan mobil maupun motor.

"Ada beberapa akses jalan lagi yang kami buka, yang di Itlay Hisage juga kami sudah berkoodinasi dengan provinsi dan tinggal masuk, sekarang ada beberapa tempat yang sudah dikerjakan, muda-mudahan semua wilayah kita bisa terjangkau melalui mobil maupun motor," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024