Jayapura (ANTARA) - Jajaran Pangkalan TNI AU (Lanud) Silas Papare Jayapura telah melakukan vaksinasi sebanyak 3.227 warga yang berada di wilayah Lanud sejak dimulai vaksinasi 5-9 Juli 2021.

Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi dalam siaran persnya kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti program serbuan vaksinasi yang dicanangkan TNI untuk mendukung percepatan program vaksinasi nasional yang menargetkan pelaksanaan sebanyak satu juta vaksinasi per hari pada Juli 2021 dan dua juta vaksinasi per hari pada Agustus 2021.

"Kegiatan vaksinasi ini juga dalam rangka memperingati Hari Bhakti ke-75 TNI AU di mana dari hari ke hari terlihat antusias warga untuk divaksin terus meningkat," katanya.

Menurut Danlanud Marsma Budhi, masyarakat sudah sangat memahami pentingnya melaksanakan vaksinasi COVID-19, di mana dengan melaksanakan vaksin, dapat menurunkan dampak yang ditimbulkan dari virus tersebut.

"Hal positif ini, harus ditangkap pemerintah daerah dan stakeholdernya, di mana harus memberikan pelayanan seluas-luasnya kepada masyarakat, namun, tetap harus tegas dalam menegakkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Dia menjelaskan program ini merupakan wujud nyata telah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pelaksanaan vaksin, sehingga diharapkan program vaksinasi satu juta orang per hari dalam rangka percepatan kekebalan kelompok atau herd immunity di seluruh Indonesia dapat tercapai.

"Selain vaksinator dan tenaga kesehatan, Lanud Silas Papare juga menerjunkan Babinpotdirga dalam serbuan vaksin ini, selain membantu vaksinator juga bertugas untuk memastikan protokol kesehatan akan dijaga selama kegiatan Serbuan Vaksinasi ini berlangsung," katanya lagi.

Dia menambahkan yang perlu digarisbawahi, walaupun sudah melaksanakan vaksin, tetap harus melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin, karena dengan vaksin bukan berarti langsung kebal terhadap COVID-19.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024