Wamena, Papua (ANTARA) - Kodim 1702 Jayawijaya, Papua, mendukung percepatan capaian vaksinasi dengan menggelar vaksinasi gratis di Markas Kodim setempat dengan menyasar 800 warga. 

Komandan Kodim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang di Wamena, Kamis, mengatakan sejak pencanangan oleh Presiden pada 29 Juli, pihaknya terus melakukan vaksinasi.   

"Bahkan vial yang dari dinas kita atau angkatan darat sudah terpakai habis kemarin dan kita juga dibantu oleh bapak bupati sekitar 16 vial untuk 160 orang, kita sudah pakai juga," katanya.    Dandim mengatakan sementara anggotanya rihat untuk mempersiapkan vaksinasi ke dua.   

"Tenaga kesehatannya juga rehat untuk masuk vaksinasi tahap dua yang dimulai Senin (26/7)," katanya.   

Vaksinasi gratis yang dilangsungkan di Markas Kodim itu menyasar semua masyarakat karena itu merupakan program pemerintah.   

"Antusias warga untuk vaksin cukup tinggi, kita bersyukur karena kesadaran masyarakat mulai terbangun untuk sehat, jadi baik masyarakat pendatang maupun orang asli Papua semua berbondong-bondong datang untuk melakukan vaksin," katanya.   

Ia memastikan personel Kodim Jayawijaya yang tersebar di lima kabupaten di pegunungan Papua telah diperintahkan menyukseskan vaksinasi COVID-19 namun hanya Kabupaten Yalimo yang belum berjalan.   

"Di Elelim (Ibu Kota Kabupaten Yalimo) sendiri kita masih belum melaksanakan karena sampai sekarang kita belum bisa berkoodinasi dengan dinas kesehatan setempat, belum bisa ketemu petugas di sana. Itupun yang di Distrik Abenaho (distrik terdekat dengan Kabupaten Jayawijaya), kita persilahkan ke Wamena yang mau vaksin," katanya.  


Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024