Keerom (ANTARA) - Personel Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Skamto mengajarkan warga perbatasan RI-PNG Kampung Arso 7, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Papua, cara membuat minuman tradisional dari rempah-rempah dan jahe guna menambah imun tubuh di tengah pandemi COVID-19.

Komandan Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Letkol Inf. Muhammad Erfani dalam keterangan diterima ANTARA, Selasa pagi, mengatakan bahwa penguatan imunitas adalah sebagai salah satu cara dalam mencegah COVID-19 sehingga pihaknya mengajarkan membuat minuman wedang jahe kepada masyarakat perbatasan.

"Minuman tradisional dari rempah-rempah pilihan itu dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh," ujar Dansatgas.

Di tempat terpisah, Dankipur B Lettu Inf. Hery Wahyu Saputra saat memberikan penyuluhan mengatakan bahwa minuman hangat wedang jahe sangat mudah membuatnya, yakni memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat seperti jahe, jeruk nipis, serai wangi, daun pala, kayu secang, dan cengkih.

"Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, kaya akan antioksidan, menyegarkan badan, dan melancarkan sirkulasi darah," ujar Hery.

Setelah diajarkan, dia berharap masyarakat rutin mengonsumsi minuman tradisional, di samping terus menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari guna memutus penularan virus corona.

Salah seorang warga Arso 7 bernama Maria yang mengikuti pelatihan mengaku kegiatan tersebut bermanfaat.

"Setelah mencoba menikmati wedang jahe, tubuh saya segar, pernapasan menjadi lega, dan terasa lebih bertenaga," ujarnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024