Dogiyai (ANTARA) - Personel Babinsa Koramil 1705-04/Moanemani Pelda Jon Pihahei beserta lima orang anggota melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa-siswi baru SMP Negeri 01 Kamuu yang terlibat kegiatan massa orientasi siswa baru (MOS), Jumat (30/7).

Babinsa Koramil 1705-04/Moanemani Pelda Jon Pihahei menjelaskan, tujuan dari kegiatan latihan PBB menumbuhkan jiwa disiplin dan rasa tanggung jawab.

"Selain itu, latihan PBB ini bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi tiap murid tentang solidaritas sesama teman,"ujarnya.

Diakui, pelatihan PBB ini diawali dengan memberikan teori kepada siswa-siswi kemudian dilanjutkan dengan materi praktek, agar materi yang di berikan tertanam dalam benak siswa tentang kedisiplinan.

"Kegiatan MOS ini setiap tahun akan dilaksanakan pada masa penerimaan murid baru. Dan dari pihak  sekolah akan meminta Babinsa untuk mengisi materi dalam hal ini PBB. Karena dari pelatihan PBB karakter siswa akan dibentuk menjadi karakter yang berdisiplin tinggi,"ungkap Babinsa.

Babinsa Koramil 1705-04/Moanemani Pelda Jon Pihahei mengatakan, sebagai calon penerus bangsa harus mempunyai jiwa disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. 

"Dengan tertanamnya jiwa disiplin yang tinggi akan membentuk calon generasi muda yang tangguh dan daya saing yang tinggi," kata Babinsa. 

Babinsa juga memberikan himbauan kepada siswa-siswi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan wajib memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak terutama dalam aktivitas sehari-hari.

"Agar kesehatan tetap terjaga, sehingga diharapkan baik tenaga pendidik maupun siswa bisa menjadi contoh kepada masyarakat dalam penegakan disiplin protokol kesehatan,"jelas Pelda Jon.

Kepala Sekolah SMP N 01 Kamuu Isayas Tigi mengapresiasi tindakan Babinsa Koramil 1705-04/Moanemani atas partisipasinya telah membantu kegiatan MOS di sekolah. 

"Semoga kedepannya kegiatan ini dapat ditingkatkan dan bisa berjalan secara bertahap dan berkelanjutan,"ujar Tigi..

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024