Wamena (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadwalkan peresmian base transceiver station (BTS) dan tower yang telah dibangun untuk masyarakat perkampungan di Kabupaten Jayawijaya, pada Agustus 2021.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya Haspida Pawakkangi di Wamena, Kamis, mengatakan pengerjaan tower dan BTS ini sudah hampir rampung.

"Kami harap bulan Agustus ini sudah diresmikan Kementerian Kominfo untuk BTS yang berada di Asotipo," katanya.

Tower dan BTS yanf dibangun di atas lahan milik warga seluas 20X20 meter.

Sedangkan Infrastruktur telekomunikasi yang rencananya diresmikan diharapkan bisa memotivasi masyarakat di kampung lain untuk mendukung percepatan penyelesaian BTS lainnya.

"Dari kementerian untuk membangun percepatan penyelesaian satu ini, supaya mungkin kampung-kampung yang lain bisa melihat manfaatnya," katanya.

Secara keseluruhan Kabupaten Jayawijaya mendapat kuota sebanyak 246 BTS.

"Satu menara akan terbangun delapan MBPS di mana dipakai oleh 100 atau 150 orang," katanya.

Pemerintah mengharapkan pembangunan infrastruktur ini mendukung masyarakat, terutama pemerintah kampung dalam menyampaikan laporan keuangan kampung yang saat ini diinstruksikan untuk dilakukan secara daring.

Sebelumnya, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua pada setiap kunjungan ke distrik maupun kampung, selalu mengimbau masyarakat menyediakan tanah untuk pembangunan BTS-BTS tersebut.

 


Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024