Timika (ANTARA) - Guna mempercepat vaksinasi COVID-19 kepada warga di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Pemkab setempat bekerja sama dengan jajaran TNI dan Polri menyiapkan sebanyak tujuh gerai vaksinasi dosis kedua yang akan dibuka mulai Senin (9/8).

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata di Timika, Sabtu, mengatakan tujuh lokasi yang akan menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis kedua tersebut yakni di Kantor Pelayanan Polres Mimika Jalan Cenderawasih, Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) TNI AD di Kompleks Koramil Timika, Bandara Lama, Bandara Baru.

Khusus untuk wilayah Distrik Kuala Kencana akan dipusatkan di Polsek Kuala Kencana dan Distrik Mimika Timur dipusatkan di Pelabuhan Perikanan Pomako.

Selain itu juga akan digelar di Mess Rajawali Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Timika.

"Mulai Senin 9 Agustus masyarakat sudah bisa datang ke gerai vaksin merdeka terdekat untuk bisa melaksanakan vaksinasi dosis kedua," imbau AKBP Era Adhinata.

Kapolres Mimika mengatakan sebelumnya kegiatan vaksinasi COVID-19 di Mimika terhenti beberapa hari lantaran kehabisan vaksin.

Namun saat ini persediaan vaksin sudah ada. Polres Mimika mendapat bantuan vaksin dari Biddokes Polda Papua sebanyak 500 vial. Sementara Dinkes Mimika mendapat kiriman 600 vial vaksin dari Dinkes Papua dan Kodim 1710 Mimika mendapat kiriman sebanyak 300 vial vaksin dari Kodam XVII Cenderawasih.

"Jumlah secara keseluruhan Mimika mendapatkan 14.000 vial vaksin COVID-19," ujar AKBP Era Adhinata. Warga Timika antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 yang digelar jajaran Polres Mimika. ANTARA/Evarianus Supar
Secara umum antusiasme warga Mimika untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 sangat tinggi, dimana semua gerai vaksinasi yang disiapkan selalu penuh, sementara persediaan vaksin sangat terbatas.

Kapolres Mimika mendukung upaya Dinkes setempat yang terus melobi berbagai pihak terutama Dinkes Papua untuk mendapatkan tambahan vaksin COVID-19.

"Kepala Dinas Kesehatan Mimika terus berusaha berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk tetap mengirimkan vaksin ke Kabupaten Mimika sebelum stok yang ada saat ini yaitu 14.000 vial itu habis. Dengan tingginya minat dan antusiasme warga Mimika mengikuti vaksinasi COVID-19, stok 14.000 vaksin ini akan habis paling lambat enam hari," ujarnya.

Polres Mimika meminta warga yang hendak mengikuti vaksinasi COVID-19 agar membawa identitas diri berupa KTP dan juga bukti kartu vaksin pertama.
 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024