Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua memberikan bantuan sebanyak 50 zak semen untuk mendukung pembangunan gedung Gereja Kingmi, Jemaat Kalvari, Klasis Pugima.

Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi saat penyerahan bantuan, Selasa, mengajak umat terus bersatu membangun tempat ibadah serta tidak terlalu bergantung pada bantuan dari pihak luar.

"Kamandirian umat, kekuatan jemaat itu sangat penting, persoalan berkat datang dari mana itu nanti. Tetapi keteguhan hati, janji iman sangat penting. Itu akan menjadi motivasi untuk membangun tempat ibadah, sekalipun lambat tetapi pasti akan berdiri," katanya.

Marthin mengatakan pemerintah tetap memberikan dukungan namun bukan berarti warga mengharapkan sepenuhnya bantuan dari pemerintah.

"Gereja itu harus dibangun oleh jemaat, tidak bisa dibangun pemerintah. Pemerintah sifatnya melengkapi yang kurang-kurang," katanya.

Pada tahun-tahun sebelumnya pemerintah menyalurkan bantuan keagamaan dalam bentuk uang tunai, tetapi tidak lagi demikian karena pengelolaanya kurang baik.

"Dulu kita kasi uang tetapi banyak potongan akhirnya kekuatan untuk membangun tempat ibadah berkurang, sehingga sekarang kita ubah menjadi bentuk barang seperti semen," katanya.

Pada kunjungan itu wakil hanya menyerahkan 40 zak semen dan diterima langsung secara simbolis oleh perwakilan gereja.

"Kemarin kita cari semen di Wamena tetapi habis jadi hari ini saya bawa 40 saja. Sisa 10 itu nanti dijemput oleh perwakilan gereja," katanya.

 


Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024