Jayapura (ANTARA) - Sekitar 100 anggota Polwan, di Polda Papua menghadiri peringatan HUT ke-73, Rabu malam (1/9) dihadiri Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dan ibu asuh Polwan Ny. Eva Fakhiri ditandai dengan pemberian tumpeng kepada Brigadir Nuur Aisyah mantan pasukan misi perdamaian PBB di Afrika Tengah tahun 2019- 2020 dan Briptu Ludia Giay atlet anggar Papua. 

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dalam sambutannya mengakui jumlah personel Polwan di jajaran Polda Papua masih terbatas yakni sekitar 480 orang sehingga sebagian polres belum memiliki polwan. 

"Secara bertahap jumlah polwan akan ditambah karena saat ini 100 orang dididik di Pusdik Polwan di Jakarta, dan tahun 2022 kuota Papua diusahakan bertambah 200 orang yang nantinya disebar ke polres-polres, "kata Irjen Pol Mathius Fakhiri. 

Irjen Pol Fakhiri pada kesempatan itu menghimbau anggota Polwan membina adik-adiknya atau juniornya dan terus mengukir prestasi. 

"Ukirlah prestasi dan harumkan korpmu namun jangan lupakan kodrat sebagai wanita, " harap Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri. 

Sementara itu, Ibu Asuh Polwan Ny Eva Fakhiri mengucapkan selamat ulang tahun ke-73 kepada seluruh anggota polisi wanita dimanapun berada semoga semakin sukses, profesional dan presisi.

Peringatan hari jadi Polwan dijadikan sebagai momentum untuk introspeksi diri, memperkuat soliditas, dan mendorong peningkatan kinerja di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih melanda dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. 

"Peran Polwan diorganisasi Polri sangatlah penting, karena memiliki tugas pokok sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dan disinilah peran Polwan lebih ditonjolkan dengan aktif terjun langsung dalam masyarakat untuk menjaga harkamtibmas,"kata Ny. Eva Fakhiri.

Hadir dalam peringatan HUT Polwan ke-73 di antaranya Waka Polda Papua Brigjen Pol Eko Sudarto dan para pejabat di lingkungan Polda Papua serta perwakilan dari Kowal dan Wara. 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024