Jayapura (ANTARA) - Jajaran Pangkalan TNI AU (Lanud) Silas Papare Jayapura melaksanakan vaksinasi secara "door to door" di wilayah pegunungan tengah Papua guna mendorong target vaksinasi massal yang telah ditetapkan pemerintah.

Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi dalam siaran persnya di Jayapura, Jumat, mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan aman, sehingga target vaksinasi massal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dalam rangka penanganan COVID-19 dapat tercapai secara optimal.

"TNI adalah salah satu dari empat pilar yang bertanggung jawab dalam pembentukan herd immunity di seluruh wilayah Indonesia," katanya.

Menurut Danlanud Budhi, sebagai personel TNI sudah menjadi tanggung jawab untuk mengambil peran yang secara aktif memberikan pelayanan vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Dengan melaksanakan vaksin maka dapat mengurangi dampak dari yang ditimbulkan akibat terpapar virus COVID-19," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk melaksanakan tugas ini harus dilakukan dengan sepenuh hati dengan menggunakan pendekatan persuasif.

"Harus meyakinkan kepada masyarakat bahwa vaksin COVID-19 ini aman dan dengan melaksanakan vaksin berarti melindungi keluarga, saudara, kerabat serta berarti melindungi masyarakat," katanya lagi.

Dia menambahkan untuk menuju lokasi,sebanyak 17 orang tim medis menempuh perjalanan dengan pesawat C-130 Hercules TNI AU rute Jayapura-Wamena, lalu dilanjutkan perjalanan mobil selama 30 menit.

Sebelumnya, Lanud Silas Papare Jayapura mengirim tim medis ke daerah-daerah pedalaman, namun demikian hingga kini masih ada warga masyarakat yang menolak divaksin karena banyak informasi yang membuat takut akan risiko vaksinasi.


 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024