Jayapura (ANTARA) -
Dewan Perwakilan Rakyat (DPRP) Papua mendorong atlet Bumi Cenderawasih agar segera menggelar tes event sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Ketua Fraksi PAN DPR Papua Sinup Busup di Jayapura, Senin, mengatakan sebelum digunakan untuk PON, para atlet Bumi Cenderawasih harus terlebih dahulu melakukan tes event itu.
 
“Kami akan minta kepada KONI agar atlet Papua dapat menggelar tes event sebelum atlet dari provinsi lain datang, masih ada waktu satu pekan ke depan," katanya.
 
Menurut Sinup, pihaknya menilai Bumi Cenderawasih sudah siap menjadi tuan rumah dengan segala fasilitas yang tersedia.
 
"Hanya saja ketersediaan fasilitas yang baik itu sudah seharusnya diikuti dengan prestasi para atlet," ujarnya.
 
Dia menjelaskan arena sudah sangat baik dibangun oleh pemerintah, maka prestasi yang ditunjukkan harus baik juga.
 
"Kami juga mengimbau kepada pemerintah maupun KONI untuk memikirkan agenda olahraga apa yang akan digelar di Papua pasca PON nanti," katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya juga mengusulkan agar penyelenggaraan Arafuru Games bisa digelar di Papua.
 
“Event internasional olahraga antar negara Asia Pasifik (Arafura Games) bisa saja digelar di Papua. Pasalnya Papua sudah mempunyai fasilitas bertaraf internasional, bahkan tercatat masih yang terbaik dari arena yang ada di Jakarta," ujarnya lagi.
 
Sementara itu, Ketua Bidang I PB PON XX Papua Yusuf Yambe Yabdi mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim DPR Papua yang melihat langsung arena PON, hal tersebut juga sebagai bentuk nyata dukungan akan keinginan bersama suksesnya PON XX Papua.
 
"Terima kasih atas kunjungan tim dari DPR, ini menjadi wujud dukungan kepada panitia untuk bekerja keras mewujudkan suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua," katanya.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024