Jayapura (ANTARA) - TelkomGroup mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua 2021 melalui penyediaan Digital Connectivity, Digital Platform dan Digital Service di area pertandingan, hotel serta akomodasi, bandara, media center, dan security.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam siaran persnya di Jayapura, Jumat, mengatakan secara umum, layanan yang diberikan berupa internet dengan total bandwidth lebih dari 11,5 Gbps.

"Untuk mendukung kelancaran konektivitas selama berlangsungnya acara, Telkom juga telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,9 persen," katanya.

Menurut Ririek, Telkom dalam hal ini siap mendukung penuh sukses penyelenggaraan PON XX Papua 2021 dengan menghadirkan infrastruktur kelas dunia, seperti yang pernah dilakukan pada iven besar nasional dan internasional sebelumnya.

"Telkom menyediakan 142 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome, ratusan perangkat IndiHome ini disediakan Telkom pada beberapa lokasi vital, termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu, sebanyak 427 access point internet nirkabel (WiFi) tersebar di seluruh arena pertandingan PON XX Papua 2021, ruang publik, dan bisa diakses masyarakat secara gratis, Telkom juga menyediakan dua Satelite News Gathering dan empat media center, yakni satu main media center di Kota Jayapura serta tiga mini media center di Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

"Sementara itu untuk layanan mobile, Telkomsel telah memastikan penguatan sinyal dengan mengerahkan 192 BTS," katanya.

Dia menambahkan Telkomsel turut memastikan kesediaan pasokan energi listrik untuk BTS prioritas dengan menyiagakan puluhan genset, puluhan Support Catu Daya (SCD) Mobile, serta optimalisasi kapasitas baterai di setiap BTS, di mana selama perhelatan PON XX 2021 Papua, Telkomsel sebagai the first 5G operator di Indonesia juga akan menghadirkan “Telkomsel 5G Experience Center” yang berlokasi di Stadion Lukas Enembe kepada para pengunjung, terutama masyarakat Papua untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam memanfaatkan teknologi revolusioner melalui use case yang dilengkapi dengan teknologi 5G.

 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024