Jayapura (ANTARA) - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI 5 Oktober 2021 secara virtual di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Selasa (5/10)

Upacara peringatan HUT ke-76 TNI yang dipusatkan di Istana Negara Jakarta dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Wakil Presiden RI, Panglima TNI, para Kepala Staf TNI AD, AL, AU, Kapolri serta diikuti secara virtual seluruh satuan jajaran TNI di Indonesia dan luar negeri.

Pada upacara HUT Ke-76 TNI yang dilaksanakan di Makodam XVII/Cenderawasih dihadiri Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Kabinda Papua Mayjen TNI  Abdul Haris Napoleon, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Danlatamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto P Marpaung, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Budi Achmadi dan Wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto.

Turut hadir unsur Forkopimda Provinsi Papua di antaranya Gubernur Papua yang diwakili Kakesbangpol Papua Musa Isir,  MPA, Kajati Nikolaus Kondomo dan Kalanti  Papua Asli Ginting.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan selamat bagi TNI yang menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa dalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala gangguan.

"Saat ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi COVID-19. Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus corona saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental dan semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi,"ungkap Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi mengatakan, dalam melawan pandemi ini, TNI mempunyai peran yang besar dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Selamat Hari Ulang Tahun TNI ke-76, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita. Dirgahayu TNI "Bersatu, Berjuang Kita Menang,"pesan Presiden Joko Widodo

Selesai pelaksanaan Upacara HUT Ke-76 TNI dilanjutkan dengan Fly Pass Helikopter dan pesawat tempur TNI dan dialog secara langsung Presiden RI dengan para prajurit TNI yang sedang melaksanakan penugasan baik di dalam dan di luar negeri.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024