Biak (ANTARA) - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono  memberikan suport ekspor sektor perikanan di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Dukungan pemerintah pusat terhadap eksport sektor perikanan Biak melalui Menteri Kelautan Perikanan telah datang  bersama rombongan dengan penerbangan khusus pada Selasa malam di Biak.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap dalam keterangan diterima ANTARA, Rabu, mengatakan, Menteri Kelautan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono diagendakan akan mengunjungi sejumlah fasilitas sektor perikanan, termasuk mengunjungi Sentra Kawasan Perikanan Terpadu (SKPT).

Tak hanya itu, lanjutnya, sesuai dengan rencana Menteri Sakti juga akan meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan Pelabuhan Perikanan Terintegrasi yang rencananya  dimulai dibangun tahun 2022 mendatang.

Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan ke Biak melihat langsung rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Terintegrasi serta pengembangan SKPT Biak dalam mendukung ekspor.   

Menteri Sakti diagendakan akan mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan melihat langsung dari dekat sejumlah infrastruktur penunjang sektor perikanan.

Beberapa lokasi yang akan dijadikan alternatif Pelabuhan Perikanan Terintegrasi bertaraf internasional yang rencananya akan dibangun tahun 2022 mendatang. 

Adapun lokasi yang akan dikunjungi itu diantaranya, kawasan-kawasan untuk pengembangan sarana dan prasana sektor periakanan, fasilitas kargo bandara Frans Kaisiepo Biak, peninjauan Pelabuhan Umum Biak, KSOP Biak.

Serta PT. Pelindo IV, Peninjauan Pelabuhan BMS, Peninjauan fasilitas Sentra Kawasan Perikanan Terpadu (SKPT) dan sejumlah agenda lainnya. 

Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan ke Kabupaten Biak Numfor merupakan suatu tidaklanjut dari kunjungan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap beberapa waktu lalu ke Jakarta. 

Bupati Herry Naap mengakui, kedatangan Menteri KP ke Biak Numfor merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah pusat dalam mendorong pengembangan program sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Biak Numfor, termasuk mendorong ekspor komoditas perikanan terus ditingkatkan, serta dibukanya industri perikanan. 

“Kunjungan Menteri KP ke Biak dilakukan setelah kami untuk kesekian kalinya membangun komunikasi, termasuk datang langsung di kantornya di Jakarta. Pak menteri juga akan melihat langsung lokasi yang dijadikan sebagai lokasi pembangunan Pelabuhan Perikanan Terintegrasi, kita berharap industry perikanan di Biak Numfor kedepan kejaannya kembali,"harap Bupati Herry Ario Naap.

Biak menjadi sentra perikanan di wilayah Timur Indonesia karena telah melakukan eksport perikanan 2021 dan sangat potensial mengembangkan sektor perikanan sebagai program unggulan daerah.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024