Boven Digoel (ANTARA) -  Guna mencari bakat terpendam generasi muda yang ada di wilayah Papua khususnya di perbatasan RI-PNG Kab. Boven Digoel, Kodam XVII/Cenderawasih melalui

Kodim 1711/BVD menggelar pentas seni tari Yospan dalam rangka serbuan teritorial Kodam XVII/Cenderawasih dalam rangka menyalurkan minat bakat kawula muda di daerah setempat berlangsung di Gedung Bung Hatta Makodim 1711/BVD, Kampung Mawan, Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel, Jumat.

Dandim 1711/BVD Letkol Czi Daniel Panjaitan dalam keterangan mengatakan, pentas seni tari yang digelar Kodim Boven Digoel diikuti sejumlah siswa-siswa SMA Santo Yoseph Tanah Merah yang nantinya akan bersaing dengan Kabupaten-Kabupaten lain di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

"Hal ini mendapat sambutan positif dari berbagai pihak terutama tenaga pengajar dan para murid," jelas Dandim.

Salah satu peserta penari Bernadeta Aprilia Atuk mewakili teman-teman mengucapkan terimakasih kepada Kodam XVII/Cenderawasih menyelenggarakan lomba pentas seni tari Yospan yang dilaksanakan di Kodim Boven Digoel. 

"Saya mulai menari pada saat kelas 4 SD, waktu itu kebetulan ada mengisi acara di lapangan Trikora Tanah Merah dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tanggal 17 Agustus dan menari merupakan hobi saya sehingga saat Kodim mengadakan pentas seni tari Yospan  ikut berpartisipasi didalamnya,"ujar Bernadeta.

Ia berharap, kedepannya lomba sering dilaksanakan untuk mengembangkan bakat dan hobi anak milenial.

 Pelatih tari Renol mengatakan penari Yospan adik-adik SMA Santo Yoseph Tanah Merah  berharap dengan adanya kegiatan ini mungkin bisa mengembalikan jati diri budaya dan seni yang ada di tanah Papua.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Santo Yoseph Tanah Merah Franciscus Panggalo Timang mengaku sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Kodam XVII/Cenderawasih beserta jajaran yang sudah menggali potensi dan bakat para generasi muda Boven Digoel melalui pentas seni tari Yospan yang diselenggarakan Kodim 1711.

"Kami sangat berharap untuk kegiatan ini tidak tetap berlanjut kedepannya sebagai sarana pengembangan potensi serta bakat terpendam generasi muda Boven Digoel khususnya di bidang seni tari,"ujarnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024