Jayapura (ANTARA) - Perusahaan teknologi besutan anak bangsa yakni Tokopedia menyebut Kabupaten Sarmi dan Waropen di Provinsi Papua menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah penjual makanan serta minuman paling pesat, diikuti beberapa daerah lainnya.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam siaran persnya kepada Antara di Jayapura, Senin, mengatakan selain Sarmi dan Waropen, masih ada Nias Utara, Kolaka Utara serta Tidore Kepulauan menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling pesat pada kategori makanan minuman pada Tokopedia.

"Di sisi lain, Kabupaten Jayawijaya, Waropen, Nias Utara, Tidore Kepulauan serta Pegunungan Bintang menjadi daerah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di kategori tersebut," katanya.

Menurut Ekhel, lima sub kategori makanan minuman paling laris di Tokopedia antara lain pertama Bumbu dan Bahan Masakan, kedua Makanan Ringan, ketiga Produk Susu, keempat Minuman dan kelima Makanan Beku.

"Peningkatan yang terjadi pada kategori makanan minuman di berbagai daerah ini ini tidak terlepas dari upaya Tokopedia dalam mendekatkan produk buatan UMKM dengan masyarakat setempat melalui inisiatif 'Hyperlocal'," ujarnya.

Dia menjelaskan turunan inisiatif "Hyperlocal" mencakup Tokopedia Nyam, Waktu Indonesia Belanja (WIB), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya.

“Lewat inisiatif tersebut kami berharap masyarakat bisa memenuhi kebutuhan harian dari penjual terdekat dengan lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia termasuk yang bergerak di industri makanan dan minuman punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” katanya lagi.

Dia menambahkan Tokopedia akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis agar produk UMKM lokal bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia supaya bisa bangkit bersama memulihkan ekonomi nasional yang terdampak pandemi, mengingat UMKM adalah tulang punggung ekonomi.

Sekadar diketahui, masyarakat bisa menggunakan kode MAKANHEMAT untuk mendapatkan cashback ketika membeli voucher makan di kategori produk digital Tokopedia hingga 31 Oktober 2021.

Di mana hal ini dilakukan dalam rangka Hari Pangan Sedunia 16 Oktober 2021, Tokopedia mengumumkan berbagai peningkatan di kategori Makanan dan Minuman selama kuartal III 2021 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.


Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024