Timika (ANTARA) - Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan membuka kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII tingkat Provinsi Papua yang akan berlangsung di Timika, ibu kota Kabupaten Mimika pada 30 Oktober 2021.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob selaku Ketua Panitia Pesparawi XIII Provinsi Papua di Timika, Selasa, mengatakan kegiatan Pesparawi XIII akan diikuti kontingen dari 21 kabupaten/kota dengan jumlah peserta yang hadir diperkirakan sekitar 3.000-an orang.

Adapun kegiatan Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua dilaksanakan mulai 30 Oktober hingga 6 November 2021.

"Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua akan dibuka langsung Bapak Menteri Agama RI secara langsung melalui fasilitas live streaming dari Arab Saudi. Beliau akan menyampaikan sambutan dan membuka seluruh kegiatan Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua," jelas John Rettob.

Sedianya kegiatan Pesparawi XIII se-Tanah Papua akan diikuti oleh kontingen dari seluruh kabupaten/kota di dua provinsi di Tanah Papua yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Namun lantaran terkendala pandemi COVID-19, Provinsi Papua Barat telah menggelar kegiatan Pesparawi  antarkabupaten/kota di wilayahnya pada bulan Februari hingga Maret lalu dengan sistem zonasi.

Adapun tamu-tamu yang akan hadir dalam kegiatan Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua nanti yaitu Dirjen Bimas Kristen dan Direktur Urusan Agama Kristen. 

Selain itu seluruh bupati dan wali kota dari Provinsi Papua Barat juga akan hadir saat acara pembukaan dan kegiatan musyawarah daerah LPPD Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat untuk menentukan tuan rumah Pesparawi XIV Tahun 2024.

Sementara di Provinsi Papua, bupati yang sudah menyatakan hadir dalam acara itu baru empat bupati.

"Kami juga mengundang seluruh Ketua Sinode dari semua denominasi kristen di Tanah Papua," jelas John.

Sejumlah penyanyi rohani nasional dijadwalkan akan hadir saat pembukaan kegiatan Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua, diantaranya yaitu Delon, Ve AFI, Frans Rumbino, Lala dan lainnya.

Kegiatan Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua akan melombakan 12 kategori, yaitu solo anak usia 7 sampai 9 tahun, solo anak usia 10 sampai 13 tahun, solo remaja putra usia 16 sampai 24 tahun, solo remaja putri usia 16 sampai 24 tahun, vocal group usia 16 sampai 24 tahun, musik pop gerejawi usia 12 tahun ke atas.

Selanjutnya paduan suara anak usia 9 sampai 15 tahun, paduan suara remaja/pemuda campuran usia 16 sampai 24 tahun, paduan suara pria usia 25 tahun ke atas, paduan suara wanita usia 25 tahun keatas, paduan suara dewasa campuran usia 25 tahun ke atas dan paduan suara etnik inkulturatif usia 16 sampai 24 tahun.
 
 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024