Banjarmasin (ANTARA) - Kontingen atlet dan ofisial National Paralympic Comitte (NPC) Provinsi Kalimantan Selatan untuk Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 sudah berada di Provinsi Papua.

"Kemarin (2/11) kita sudah sampai di Papua sekitar pukul 03.00 waktu setempat atau perjalanan sekirar 4 jam di udara," ujar Ketua NPC Kalsel Ahmad Firdaus saat dihubungi di Papua, Rabu.

Menurut dia, kontingen NPC Kalsel yang terdiri atas atlet, pelatih dan ofisial sekitar 200 orang berangkat dari Banjarmasin langsung ke Papua.

"Sampai di sini kita disambut baik panitia dan masyarakat Papua, kita diantar hingga penginapan," ujar Firdaus.

Menurut dia, kontingen Kalsel di Papua menginapnya terbagi di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, sesuai tempat pertandingan akan dilaksanakan.

"Semua senang sudah berada di sini dengan selamat, selanjutnya kita beristirahat memulihkan kondisi tubuh dan kesehatan untuk persiapan pertandingan," tuturnya.

Firdaus menyatakan, alam Papua memang sangat indah, kontingen Kalsel sangat senang bisa menjejakkan kaki di bumi Cendrawasih ini.

"Pertandingan para atlet kita kemungkinan dimulai 7 November, jadi waktu istirahat dan persiapan bertanding bagi atlet kita cukup panjang," ujarnya.

Dia menyampaikan, NPC Kalsel menurunkan 135 atlet pada 10 cabang olahraga di Paparnas Papua ini.

Tentunya, kata Firdaus, target pencapaian medali emas khususnya diinginkan sebanyak 35 medali emas.

"Keinginan kita melebihi Paparnas di Jabar pada 2016 lalu, yakni, meraih sebanyak 32 medali emas," ujarnya.
 

Pewarta : Sukarli
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024