Wamena (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua sedang mempersiapkan akreditasi empat puskesmas di wilayah pinggiran pusat kota, yaitu Wollo, Yalengga, Musatfak, dan Walelagama.

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dr Willy Mambieuw di Wamena, Sabtu, mengatakan awal bulan lalu bupati sudah menyampaikan agar keempat puskesmas ini mempresentasikan kemajuan mereka untuk persiapan akreditasi.

"Akreditasi itu agenda tahun ini. Bupati masih di luar jadi kita tunggu nanti bupati kembali baru kita masing-masing puskesmas presentasi," katanya.

Sebelum tim survei dari Kementerian Kesehatan datang ke empat puskesmas itu, tim yang dibentuk Dinkes sudah lebih dahulu meninjau empat puskesmas dimaksud untuk melihat kekurangan yang perlu dilengkapi.

"Jadi yang kekurangan nanti mereka rekomendasikan untuk diperbaiki sebelum tim survei dari Kemenkes datang. Nanti dari kita yang menyurat ke Kemenkes bahwa kita sudah siap untuk dinilai baru nanti mereka datang," katanya.

Willy Mambieuw memastikan sekitar delapan di antara 27 puskesmas di Jayawijaya yang sudah teregistrasi di Kementerian Kesehatan

"Belum sebagian besar puskesmas teregistrasi dan terus kita dorong agar teregistrasi," katanya

Ia menambahkan peningkatan pelayanan di puskesmas-puskesmas terus dilakukan sebab Ombudsman tidak hanya masuk organisasi perangkat daerah tetapi sudah sampai puskesmas dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya.

"Tahun ini juga penilaian dari Ombudsman itu sudah bukan saja di Dinas Kesehatan, sekarang mereka masuk lagi kita di puskesmas, yaitu di Wamena Kota, Elekma, dan Hom-hom," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024