Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya yaitu program Lanny Jaya Sehat.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena, Senin, mengatakan melalui program itu warga Lanny Jaya yang berobat di RSUD Wamena tidak menjadi beban untuk Pemkab Jayawijaya.

"Lanny Jaya sudah punya kerja sama dengan kita jadi begitu ada pasien dari Lanny Jaya, kami layani, nanti soal pembayaran itu diklaim saja ke Lanny Jaya," katanya.

Ia mengatakan dengan dihentikan program Papua Sehat dari pemerintah provinsi, anggaran di Pemkab Jayawijaya untuk kesehatan harus digunakan juga untuk melayani pasien dari kabupaten pemekaran yang berobat di RSUD Wamena.

"Seharusnya APBD kita inikan untuk masyarakat Jayawijaya, bukan untuk pasien dari kabupaten lain sehingga kami harap bupati daerah pemekaran punya komitmen untuk kerja sama dengan kami," katanya.

Direktur RSUD Wamena dr Felly Sahureka mengatakan selama ini hanya Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya yang mencetuskan program yang mendukung warganya ketika dirujuk untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ke Jayawijaya.

"Lanny Jaya saat ini memang ada Lanny Jaya Sehat sehingga ikut membantu. Dari kabupaten lain semua datang ke Wamena sehingga kita bisa hitung apakah bisa cukup atau tidak dengan dana yang ada di Pemerintah Jayawijaya," katanya.

Lanny Jaya Sehat merupakan satu di antara tiga program primadona Bupati Befa Yigibalom, selain Lanny Jaya Cerdas dan Lanny Jaya Mandiri.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024