Jayapura (ANTARA) - Lima kapal laut milik PT. Pelni selama tahun 2021 telah mengangkut  sebanyak 70.263 penumpang dari pelabuhan Jayapura. 

Kelima kapal PT. Pelni yang melayani rute hingga ke pelabuhan Jayapura yaitu KM Dobonsolo, KM Ciremai, KM.Gunung Dempo, KM Sinabung dan KM Labobar. 

"Jumlah penumpang yang keluar dari pelabuhan Jayapura selama 2021meningkat dibanding 2020 yang tercatat  66.508 orang,"kata Kepala PT Pelni Jayapura Whendy Imkotta kepada Antara, Kamis di Jayapura.

Diakui Whendy, sebelum merebaknya pandemi COVID-19 setiap kali kapal milik PT. Pelni mengangkut sekitar 1.500-an penumpang ke berbagai kota tujuan di Papua dan keluar Papua.

PT.Pelni sendiri mengoperasikan lima kapalnya, dua kapal di antaranya tujuan akhir pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya yakni KM Labobar dan KM Sinabung. 

"Sedangkan kapal tujuan akhir Tanjung Priok adalah KM Dobonsolo, KM. Ciremai dan KM.Gunung Dempo,"jelas Whendy. 

Selain mengangkut penumpang, jelas Whendy kapal-kapal milik PT. Pelni juga mengangkut berbagai barang kebutuhan masyarakat di Papua. 

Barang yang diangkut aneka jenis dan selama 2021 tercatat 5,4 juta ton barang yang diangkut ke pelabuhan Jayapura.

Whendy berharap pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga operasional angkutan kapal akan kembali normal.

"Dan saat ini seluruh penumpang yang diangkut sudah divaksin COVID-19 dan dilengkapi dengan antigen atau PCR, " jelas Whendy Imkotta. 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024