Jayapura (ANTARA) - Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Jayapura mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua yang meluncurkan penerapan tanda tangan elektronik untuk mempermudah pelayanan publik.

Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura Sabar P. Sormin di Jayapura, Minggu, mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah cepat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua dalam menerapkan tanda tangan elektronik.

Selain mengoptimalkan pelayanan ke masyarakat juga dapat menjadi inspirasi bagi organisasi perangkat daerah lain untuk memberlakukan hal yang sama.

"Ke depan diharapkan semua kantor pelayanan menerapkan tanda tangan elektronik berbasis aplikasi, sehingga dapat memangkas proses birokrasi dengan tujuan mempercepat pelayanan ke masyarakat dan pegawai," katanya.

Menurut Sabar, pelayanan yang cepat dan aman menjadi salah satu titik keunggulan Pemprov Papua dengan menerapkan tanda tangan elektronik tersebut.

"Dinas yang memiliki basis kerja pelayanan ke masyarakat membutuhkan banyak tanda tangan, dengan penerapan ini maka transaksi elektronik seperti cek pengiriman file dan lainnya menjadi lebih cepat dan terlindungi dari keamanan atau keabsahannya," ujarnya.

Dia menjelaskan apabila ada peretasan yang mengubah fisik atau file dokumen maka akan bisa diketahui dengan cepat, aspek lainnya yang bisa dijamin oleh tanda tangan elektronik atau digital ini soal keaslian dokumen yang dikeluarkan oleh dinas atau otoritas tertentu.

"Juga soal penyangkalan saat seluruh dokumen memiliki konsekuensi hukum di mana kekuatan hukum antara dokumen yang ditandatangani secara digital dengan tanda tangan biasa sama," katanya lagi.

Dia menambahkan dokumen atau transaksi yang memiliki tanda tangan elektronik menyatakan jaminan kepastian hukum juga di mana seluruh layanan tersebut harus tersedia untuk menjamin keamanan transaksi di era digital kini, yakni menjamin ekonomi digital agar aman dari pemalsuan dokumen dan akses yang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meluncurkan penerapan tanda tangan elektronik untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan publik kepada masyarakat.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024