Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengharapkan perlu menyiapkan antisipasi ke depannya jika kembali terjadi gangguan jaringan komunikasi dapat segera diatasi sehingga pelayanan publik tetap berjalan normal.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Papua Jeri Yudianto kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan hal ini bertujuan agar pelayanan publik yang harus dilakukan pemerintah kepada masyarakat tidak terganggu cukup lama.
 
"Kami yakin, jika terjadi gangguan maka pihak terkait akan semaksimal mungkin segera melakukan perbaikan sehingga dapat kembali normal," katanya.
 
Menurut Jeri, namun diharapkan pula ke depan akan ada alternatif-alternatif yang dapat setidaknya mengantisipasi kondisi tersebut.
 
"Prinsipnya, jika terjadi gangguan maka kami akan mengoptimalkan server-server bagi pelayanan publik agar tetap hidup," ujarnya.
 
Dia menjelaskan meskipun dengan kondisi terbatas, server-server pelayanan publik ini masih dapat membantu pemerintah menyediakan layanan bagi masyarakat.
 
"Kini, kami hanya memiliki vsat berkuota yang terbatas, sehingga dalam menjalankan pelayanan publik harus bergiliran agar layanan tetap dapat dilaksanakan," katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya berharap ke depan gangguan jaringan komunikasi tidak terjadi berulang-ulang dan tidak dalam jangka waktu yang lama mengingat kini pelayanan publik telah berbasis digital.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024